RESPON MASYARAKAT TENTANG AKTIVITAS KOMUNIKASI HUMAS DALAM PROGRAM COMMUNITY DEVELOPMENT JOB PERTAMINA PETROCINA EAST JAVA (Studi Pada Tokoh Masyarakat Desa Rahayukecamatan Soko Tuban )

Main Author: Puri, Widya Sari Putri Riska
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29388/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-widyasarip-23581-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29388/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-widyasarip-23581-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29388/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasari oleh fenomena beragamnya peran Public Relations di setiap organisasi. Salah satunya dalam membantu program Community Development perusahaan. Program Community Development merupakan konsekuensi dari keberadaan perusahaan dalam lingkungannya untuk mewujudkannya kearah yang lebih baik. Undang-undang Perseroan Terbatas No.40 pasal 74 menuntut perusahaan untuk melakukan tanggung jawab sosial berupa pengembangan masyarakat Community Development, perusahaan swasta yang tidak melaksanakannya akan dikenakan sanksi. Pengimplementasian CD pada perusahaan swasta salah satunya JOB Pertamina Petrocina East Java adalah dengan melaksanakan Program pengembangan masyarakat dalam berbagai bidang, ekonomi, sosial, agama, sarana prasarana dan berbagai masyarakat sebagai sasaran utama. Petugas Humas / PR menjalankan peran yang berbeda-beda dikarenakan perbedaan struktur dan budaya organisasi serta tersedianya SDM yang berkualitas. Tugas Humas di JOB Pertamina Petrocina East Java PR disini sebagai pendamping dan pendukung (support) semua kegiatan community development yang bertugas dalam program Community Development ini seperti PR clerk,dan PR govrel, dan yang terlibat dalam CD adalah Field Manager, dan FAST ( field admins support ). Menurut Dozier dan Broom ada empat peran PR / Humas dalam organisasi baik yang dominan ataupun tidak, yaitu peran manajerial yang menjadikan petugas Humas berperan sebagai penasehat ahli (expert prescriber), fasilitator komunikasi (communication facilitator), fasilitator proses pemecahan masalah (problem solving process facilitator), dan peran sebagai teknisi komunikasi (communication technician). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana respon masyarakat tentang komunikasi Humas JOB Pertamina Petrocina East Java dalam program community development, Sementara tujuan dari penelitian ini adalah Mendiskripsikan bagaimana komunikasi yang digunakan oleh humas kepada steakholder sebagai masyarakat eksternal (masyarakat sekitar perusahaan desa rahayu) dalam menjalankan program community development, dan Untuk mengetahui respon masyarakat mengenai komunikasi humas joint operating body (job) pertamina-petrocina east java dalam program comdev. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dimana informasi atau data yang dikumpulkan diupayakan dideskripsikan berdasarkan ungkapan dan interpretasi para informan yang sebelumnya telah ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Alasan peneliti memilih menggunakan kualitatif deskripstif adalah untuk mengetahui data-data dengan memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh informan dalam penelitian yang mana dalam hal ini peneliti ingin mengetahui komunikasi yang digunakan public relations / humas dalam program community development, Program pengembangan masyarakat yang dilaksanakan oleh joint operating body (job) pertamina-petrocina east java. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan triangulasi sumber dimana setelah peneliti melakukan wawancara dengan tokoh masyarakat sebagai opinion leaderâ€TMs tokoh masyarakat tersebut merupakan wakil setiap dusun yang ada di Desa Rahayu dan peneliti melakukan wawancara dengan informan dalam perusahaan sebai informan pendukung dalam penelitian ini.