PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR FLASH CARD

Main Author: ABADI, M. IMRON
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29384/1/jiptummb--mimronabad-28340-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29384/2/jiptummb--mimronabad-28340-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29384/
Daftar Isi:
  • Kemampuan menulis adalah keterampilan mengungkapkan gagasan atau ide kepada pihak lain secara tertulis. Sedangkan menulis puisi merupakan salah satu bentuk kegiatan menulis yang merupakan kegiatan aktif dan produktif. Dengan menulis puisi seseorang telah melakukan proses berpikir dan menghasilkan sebuah tulisan yang dapat dinikmati oleh orang lain. Keterampilan menulis perlu ditanamkan kepada siswa di sekolah pertama khususnya dalam menulis puisi, sehingga mereka mempunyai kemampuan untuk mengapresiasikan puisi dengan baik. Mengapresiasikan sebuah puisi bukan hanya ditujukan untuk penghayatan dan pemahaman puisi, melainkan berpengaruh mempertajam terhadap kepekaan perasaan, penalaran, serta kepekaan anak terhadap masalah-masalah kemanusiaan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif atau pendekatan campuran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdapat 3 kali pertemuan. Setiap siklusnya terdapat tahapan-tahapan yang diterapkan dalam pembelajaran, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan indikator dalam mengukur kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Batu meliputi 6 aspek, yaitu (1) aspek kesesuaian judul dengan isi (2) aspek pilihan kata atau diksi (3) aspek pemilihan kata kongkret (4) aspek majas (5) aspek penggunaan rima dan ritma (6) aspek tipografi. Upaya dalam meningkatkatkan kemampuan menulis puisi siswa peneliti menggunakan media gambar flash card sebagai upaya perbaikan pembelajaran di kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Batu. Penggunaaan media gambar flash card dalam pembelajaran difungsikan sebagai media untuk merangsang siswa dalam membuat puisi dan untuk memancing daya imajinatif dan kreatifitas siswa dalam membuat puisi. Penggunaan media gambar flash card dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Batu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi, peningkatan tersebut dapat dilihat dalam presentase keberhasilan yang diperoleh siswa dalam siklus I dan siklus II. Pada siklus I dari 32 siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,28 atau kategori cukup. Sedangkan nilai rata-rata dari 32 siswa pada siklus II sebesar 80,13 atau dengan kategori baik. Sehingga peningkatan dari siklus I dengan siklus II mengalami presentase peningkatan sebesar 21,40%.