PENGARUH TERPAAN TAYANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT "CARA AMAN MENGGUNAKAN GAS LPG 3 KG" TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN GAS SEBAGAI BAHAN BAKAR PENGGANTI MINYAK TANAH (Study pada Ibu Ibu PKK di Perumahan Bantaran Indah Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kotamadya Malang)
Main Author: | Irgiadi, Ferry |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29364/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-ferryirgia-23588-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/29364/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-ferryirgia-23588-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/29364/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya terpaan iklan layanan masyarakat "cara aman menggunakan gas LPG 3kg" yang sering muncul di televisi. Tujuan dari iklan yang dilakukan oleh pemerintah adalah untuk mempengaruhi audiensnya dalam melakukan keputusan menggunakan gas LPG 3kg. Oleh karena itu, rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah "adakah pengaruh terpaan iklan layanan masyarakat "cara aman menggunakan gas LPG 3kg" terhadap keputusan ibu-ibu PKK Perumahan Bantaran Indah Malang untuk menggunakan gas sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah dan berapa besar pengaruh terpaan iklan terhadap keputusan ibu-ibu PKK Perumahan Bantaran Indah Malang untuk menggunakan gas sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah. Sedangkan tujuannya adalah ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh terpaan iklan terhadap keputusan ibu-ibu PKK Perumahan Bantaran Indah Malang untuk menggunakan gas sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah dan berapa besar pengaruh terpaan iklan terhadap keputusan ibu-ibu PKK Perumahan Bantaran Indah Malang untuk menggunakan gas sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDD. Teori ini menunjukkan tahapan yang dilalui seseorang sebelum akhirnya mengambil suatu keputusan. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut tingkat explanasinya yakni tipe penelitian yang digunakan untuk menjelaskan kedudukan variable yang diteliti serta hubungan antara variable satu dengan variable yang lain (Sugiyono, 2004:10). Sedangkan dasar penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variable atau lebih (Sugiyono, 2004:11). Populasi pada penelitian ini adalah ibu-ibu PKK Perumahan Bantaran Indah Malang yang pernah menonton iklan layanan masyarakat "cara aman menggunakan gas LPG 3kg" sebanyak 112 orang. Penelitian ini menggunakan random sampel dari 112 ibu-ibu PKK Perumahan Bantaran Indah. Dengan metode analisis kuantitatif, data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana yang sebelumnya dilakukan uji instrumen. Diketahui bahwa nilai Fhitung sebesar 44,966 hal ini menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel (44,966 > 3,96) dengan nilai probabilitasnya lebih kecil dari α = 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga menghasilkan hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti pula bahwa terpaan iklan (X) berpengaruh signifikan terhadap keputusan (Y). Nilai R square atau koefisien determinasi adalah 0,343 menunjukkan besar pengaruh variabel bebas(terpaan iklan) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 34,3 %. Sedangkan sisanya 65,7 % adalah faktor lain yang mempengaruhi keputusan.