PENGARUH SITUS PERTEMANAN TERHADAP PENINGKATAN PEMASARAN ONLINE Studi Pada Pelaku Bisnis Online Dalam Komunitas Online Shop (K.O.S) Regional Malang
Main Author: | Prasetyo, Emas Didik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29355/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-emasdidikp-23977-Pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29355/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-emasdidikp-23977-BAB%2B-%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/29355/ |
Daftar Isi:
- Toko online atau sering juga disebut dengan online shop bukan hal yang baru bagi para nettizen. Pertumbuhan toko online kian pesat seiring dengan adanya jejaring sosial. Jejaring sosial mampu memfasilitasi para pelaku online shop untuk membangun toko online dan memasarkannya kepada rekan - rekan yang ada pada friend list list mereka. Maraknya online shop yang bermunculan melalui media pertemanan virtual ini semakin mengundang rasa penasaran peneliti untuk mengetahui pengaruh situs pertemanan tersebut terhadap peningkatan pemasaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh antara situs pertemanan terhadap peningkatan pemasaran online dan seberapa tinggi pengaruh situs pertemanan terhadap peningkatan pemasaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh situs pertemanan terhadap peningkatan pemasaran online. Selain untuk mengetahui pengaruh, penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur seberapa tinggi pengaruh situs pertemanan terhadap peningkatan pemasaran online. Penelitian ini menggunakan media equation theory, atau teori persamaan media. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian explanatory research, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel - variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik online shop dalam friend list akun facebook komunitas online shop regional malang regional malang sebanyak 234 pemilik online shop. Jumlah responden yang bersedia mengisi angket secara online berjumlah 35 responden sedangkan pada saat gathering mendapatkan 30 responden yang bersedia mengisi angket sehingga jumlah total responden sebanyak 65 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling (sampel jenuh). Teknik pengumpulan data berupa kuesioner online menggunakan fasilitas www.kwiksurveys.com. Kemudian teknik analisa data menggunakan uji korelasi product moment dan dilanjutkan dengan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa situs pertemanan mempengaruhi peningkatan pemasaran online walaupun pengaruh yang diberikan dalam kategori rendah. Yang ditunjukan dari nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.343 > rtabel sebesar 0.244 dan diperoleh r2 sebesar 0.118. Artinya situs pertemanan mempengaruhi peningkatan pemasaran online sebesar 11,8%, sedangkan sisanya sebesar 88,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.