ANIMATION MEDIA TO INCREASE STUDENT’S ACHIEVEMENT IN LEARNING ENGLISH AT SECOND GRADE OF SMA SHALAHUDDIN MALANG
Main Author: | HUSSEIN, FUAD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29317/1/jiptummpp-gdl-fuadhussei-29438-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29317/2/jiptummpp-gdl-fuadhussei-29438-2-chapteri.pdf http://eprints.umm.ac.id/29317/ |
Daftar Isi:
- Bahasa Inggris adalah bahasa yang harus dipelajari oleh masyarakat, khususnya diantara pelajar, mulai dari TK hingga tingkat Perguruan Tinggi. Peneliti mendapat masalah bahwa prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris, khususnya tata bahasa, pada siswa kelas dua SMA shalahuddin masih rendah. Hal tersebut disebabkan media yang monoton yang digunakan oleh siswa, seperti papan tulis dan buku. Mereka membutuhkan media alternatif untuk belajar bahasa Inggris. Karena itu, peneliti memberikan media animasi sebagai media alternatif, yang dipercaya dapat memberikan motivasi kepada siswa dan membuat mereka memahami materi dengan cepat tanpa merasa bosan. Pada studi ini, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan karena peneliti melihat fakta bahwa motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris, khususnya tata bahasa pada siswa kelas dua SMA Shalahuddin Malang rendah. PTK memiliki empat langkah; perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, peneliti menganalisa data. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda dan kuesioner. Ada 2 siklus yang dilakukan selama penelitian, yaitu pra pengamatan dan siklus 1. Penelitian dihentikan di siklus 1 karena siswa telah mencapai Standar Ketuntasan Minimal (SKM), yaitu 75. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan 12 siswa (77.77%) telah memenuhi SKM dan hanya dua siswa (22.23%) tidak memenuhi SKM dengan rata-rata nilai 83.4. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan media animasi bisa meningkatkan prestasi siswa.