PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN BATOPORO BARAT I KEDUNGDUNG SAMPANG MADURA

Main Author: Sulastri,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29239/1/jiptummpp-gdl-sulastri08-30235-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29239/2/jiptummpp-gdl-sulastri08-30235-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29239/
Daftar Isi:
  • Siswa perlu mendapatkan ruang yang cukup aktif dan dapat berinteraksi dengan siswa yang lain ketika proses pembelajaran berlangsung. Melalui interaksi tersebut siswa akan saling bertukar pendapat atau ide dan bertukar pengetahuan ketika mempelajari suatu materi pelajaran. khususnya pelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk dapat berinteraksi dengan siswa lain, saling bekerjasama, saling bertanggung jawab serta melatih siswa untuk memahami materi melalui diskusi kelompok adalah model pendekatan keterampilan proses dengan metode Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses dengan metode Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Batoporo Barat I Kedungdung Sampang. Selain itu, untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan metode Numbered Head Together (NHT). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yaitu penelitian tentang kelompok sasaran yang bertujuan mendeskripsikan atau memecahkan masalah nyata dalam bidang pendidikan, maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dengan metode NHT pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Batoporo Barat I Kedungdung Sampang melalui beberapa sintaks sebagai berikut: (1) penomoran, (2) pengajuan pertanyaan, (3) berpikir bersama, (4) pemberian jawaban. Adapun langkah-langkah pembelajarannya adalah sebagai berikut: Guru membagi nomor kepala kepada semua siswa, kelompok 1 dan 2 memakai nomor kepala yang warnanya berbeda. Sedangkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa cukup aktif mengikuti pembelajaran. Hampir semua siswa memiliki rasa percaya diri, aktif bertanya, menjawab pertanyaan, dan disiplin dalam mengikuti pelajaran. Hal ini dapat diketahui bahwa pendekatan keterampilan proses dengan metode NHT dapat terlaksana dengan sangat baik sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas siswa dan guru memiliki peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Sedangkan hasil belajar mencapai ketuntas secara klasikal dengan prosentase ketuntasan 95 %.