PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PERMAINAN KELOMPOK DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL BERLUBANG DALAM MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS 4A SDN 06 NGUNUT TULUNGAGUNG

Main Author: SUSANTI, PARAMITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29235/1/jiptummpp-gdl-paramitasu-30237-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29235/2/jiptummpp-gdl-paramitasu-30237-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29235/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dimulai dari observasi awal. Pada observasi awal terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa kelas 4A SDN VI Ngunut Tulungagung pada materi keliling dan luas bangun datar. Kesulitan-kesulitan tersebut adalah: kurang memahami pemberian nama sisi/unsur pada bangun datar, membedakan keliling dan luas, dan cara menghitung keliling dan luas bangun datar. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan metode yang digunakan hanya menjelaskan sehingga siswa hanya mendengarkan saja. Berdasarkan pengamatan, tidak ada penggunaan media yang mendukung materi sehingga kurang menumbuhkembangkan kemampuan berfikir dan kreatifitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui permainan kelompok dengan media papan flanel berlubang pada materi keliling dan luas bangun datar. Media papan flanel memiliki kelebihan yaitu media ini memiliki bentuk dan warna yang dapat menarik siswa untuk fokus pada pembelajaran. Untuk mencapai tujuan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun langkah-langkah pembelajarannya adalah identifikasi masalah, perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, serta analisis data yang semuanya dilaksanakan di dalam dua siklus. Siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan dengan fokus pembelajaran adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang keliling dan luas bangun datar. Siklus kedua dilaksanakan dua kali pertemuan dengan fokus pembelajaran mengacu pada siklus pertama, akan tetapi lebih menekankan pada pemecahan masalah keliling dan luas bangun datar. Hasil evaluasi digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dari awal sampai akhir tindakan. Masing-masing pertemuan langkah-langkah pembelajaran dilakukan dalam tiga tahap pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis, diketahui ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada pra siklus ketuntasan hasil belajar siswa adalah 26%, pada siklus pertama ketuntasan hasil belajar siswa sebanyak 55%, sedangkan pada siklus kedua mengalami peningkatan hasil belajar siswa mencapai 81%, hal ini melebihi kriteria keberhasilan yaitu 75%. Hal ini membuktikan bahwa permainan kelompok dengan media papan flanel berlubang dapat meningkatkan hasil belajar.