PENGGUNAAN MEDIA CUTAWAYS KAIPEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL PROSES PEMBELAJARAN SISWA MATERI UNSUR-UNSUR BANGUN DATAR PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN NGENI 03 WONOTIRTO BLITAR

Main Author: WIJAYA, DENYZA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29229/1/jiptummpp-gdl-denyzawija-30239-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29229/2/jiptummpp-gdl-denyzawija-30239-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29229/
Daftar Isi:
  • Penggunaan media pembelajaran yang tepat membantu siswa dalam memahami materi bangun datar dalam bentuk permainan. Maka dari itu dilakukan penelitian yang mengangkat tentang penggunaan media cutaways kaipel untuk meningkatkan aktivitas dan hasil proses pembelajaran siswa materi unsur-unsur bangun datar siswa kelas II SDN Ngeni 03 Wonotirto Blitar. Penelitian bertujuan untuk memperoleh penerapan penggunaan media cutaways kaipel untuk meningkatkan aktivitas dan hasil proses pembelajaran siswa materi unsur-unsur bangun datar siswa kelas II SDN Ngeni 03 Wonotirto Blitar dan mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika dengan menerapkan media ini. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan penelitian kualitatif desain penelitian tindakan kelas. Hasil evaluasi pembelajaran, menunkukkan rata-rata nilai mengalami peningkatan, siklus I 66,4 meningkat menjadi 75,7 pada siklus II. Dilihat dari KKM klasikal siklus I mencapai 64,3% dan meningkat menjadi 85,7% pada siklus II. Secara klasikal siswa sudah dapat dinyatakan tuntas belajar. Saran yang diajukan bagi Guru kelas menggunakan media cutaways kaipel terutama pada materi bangun datar. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian sejenis demi memperbaiki kualitas pembelajaran dengan media cutaways kaipel dengan materi yang berbeda.