PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI AKTIVITAS BERMAIN KARTU DALAM TEMA PERISTIWA PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS 2 SDN KLEPEK KABUPATEN KEDIRI

Main Author: SUKMANA, MAIKA HADI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29221/1/jiptummpp-gdl-maikahadis-30815-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29221/2/jiptummpp-gdl-maikahadis-30815-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29221/
Daftar Isi:
  • Maika Hadi S (2012). Penerapan Metode Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Aktifitas Bermain Kartu Dalam Tema Peristiwa Pembelajaran Tematik Pada Kelas 2 SDN Klepek Kabupaten Kediri. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Metode Make a Match, Hasil Belajar, Aktifitas Bermain Kartu, Penerapan metode Make a Match, Respon Guru dan Siswa. Salah satu yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa di SDN Klepek kelas II dalam proses pembelajaran adalah metode pembelajaran berpusat pada guru, yaitu menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan untuk belajar dan mempengaruhi hasil belajar pembelajaran tematik. Pembelajaran kontekstual merupakan model pembelajaran yang mengutamakan peran aktif siswa serta keterlibatan siswa dengan kehidupan nyata. Metode Make a Match merupakan metode pembelajaran yang berupa permainan kartu yang berisi gambar benda dan nama bangun datar sehingga siswa akan lebih aktif dalam bermain kartu. Dengan diterapkan metode Make a Match tersebut hasil belajar siswa pembelajaran tematik dapat ditingkatkan, penerapan metode Make a Match berjalan sesuai dengan aturan yang telah dibuat, siswa aktif dalam bermain kartu karena metode ini merupakan sesuatu yang baru bagi siswa, respon guru dan siswa sangat setuju jika metode Make a Match ini diberikan pada siswa kelas II. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siswa yang dijadikan obyek tindakan adalah siswa kelas 2 SDN Klepek, Kecamatan kunjang, Kabupaten Kediri semester genap tahun ajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil akhir penelitian yang dilakukan dapat dilihat bahwa nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus 1 ketuntasan kelas mencapai 63,33%, sedangkan pada siklus 2 ketuntasan kelas mencapai 86,66%, penerapan metode Make a Match pada siklus 1 terdapat 6 pasang siswa yang berhasil mencocokkan kartunya dan benar dalam waktu kurang dari lima menit, sedangkan pada siklus 2 terdapat 13 pasang siswa yang berhasil mencocokkan kartunya dan benar dalam waktu kurang dari lima menit, aktifitas bermain kartu pada siklus 1 masih terdapat kekurangan dalam memahami aturan bermain tetapi pada siklus 2 semua siswa sudah memahami aturan bermain kartu, respon guru dan siswa pada siklus 1 guru dan siswa ragu-ragu dengan metode Make a Match tetapi pada siklus 2 siswa dan guru sangat senang dan setuju apabila metode ini diberikan pada siswa kelas 2 pembelajaran tematik.