PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MATERI ALAT INDERA MANUSIA KELAS IV SDN AMPELDENTO 2 KABUPATEN MALANG
Main Author: | Khusnayaini, Ihda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29213/1/jiptummpp-gdl-ihdakhusna-30819-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29213/2/jiptummpp-gdl-ihdakhusna-30819-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29213/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang dihadapi oleh guru kelas IV di SDN Ampeldento 02 Malang adalah rendahnya hasil belajar IPA materi alat indera manusia dengan persentase ketuntasan Tahun ajaran 2011/2012 sebesar 56% siswa yang belum tuntas dan jumlah persentase siswa yang tuntas hanya 46% sedangkan menurut ketentuan sekolah kondisi idealnya 75% dari jumlah siswa yang memiliki ketuntasan belajar dengan KKM adalah 70. Salah satu penyebab kondisi tersebut adalah kurang diperhatikannya penggunaan model atau metode pembelajaran sehingga siswa kurang tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Untuk itu penulis beserta guru kelas ingin meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Card Sort yaitu salah satu bagian dari active learning. Gerakan fisik yang diutamakan dapat membantu untuk memberi energi kepada kelas yang telah letih. Sehingga siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Card Sort pada pembelajaran IPA tentang alat indera manusia siswa kelas IV SDN Ampeldento 02 Malang dan menjelaskan peningkatan hasil belajar IPA tentang alat indera manusia siswa kelas IV SDN Ampeldento 02 Malang melalui penerapan model pembelajaran Card Sort. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (Action Research) yaitu salah satu strategi penyelesaian masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dan proses kemampuan mendeteksi dan menyelesaikan masalah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis dan Mc Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi alat indera manusia, diketahui rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 65% sedangkan pada siklus ke II hasil belajar siswa mencapai 86%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi alat indera manusia.