PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TENTANG STRUKTUR DAUN TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA SISWA KELAS IV SDN 4 SUMBERANYAR KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN SITUBONDO
Main Author: | Suliantari, Etika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29203/1/jiptummpp-gdl-etikasulia-30823-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29203/2/jiptummpp-gdl-etikasulia-30823-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29203/ |
Daftar Isi:
- Hasil observasi awal ditemukan kesulitan siswa SDN 4 Sumberanyar Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo pada mata pelajaran IPA tentang materi struktur daun tumbuhan dengan fungsinya. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru, dan dalam kegiatan pembelajaran aktivitas siswa belum optimal. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui pendekatan keterampilan proses Kelas IV SDN 4 Sumberanyar Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses. Subjek dan tempat penelitian ini di SDN 4 Sumberanyar Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo. Jumlah siswa kelas IV yaitu 34 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Sesuai dengan ketercapaian tujuan, penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, pada siklus I aktivitas siswa mencapai 71% dengan kriteria baik dan siklus II aktivitas siswa meningkat mencapai 80% dengan kriteria sangat baik. (2) Hasil belajar siswa meningkat, pada siklus I 65% siswa mencapai ketuntasan belajar dan 35% siswa belum mencapai ketuntasan belajar, serta siklus II 84% siswa mencapai ketuntasan belajar dan 16% siswa belum mencapai ketuntasan belajar. (3) Penggunaan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar sesuai RPP, pada siklus I nilai rata-rata sebesar 79 dan siklus II sebesar 88. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas IV di SDN 4 Sumberanyar Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dapat meningkat serta dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran IPA.