PENERAPAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN PULUNGDOWO 0I TUMPANG MALANG
Main Author: | Wahyuni, Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29192/1/jiptummpp-gdl-triwahyuni-30843-1-pendahul-1.pdf http://eprints.umm.ac.id/29192/2/jiptummpp-gdl-triwahyuni-30843-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29192/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan: (1) penerapan strategi practice rehearsal pair dengan menggunakan metode scramble pada mata pelajaran matematika di SDN Pulungdowo 01 Tumpang Malang. (2) peningkatan aktivitas belajar siswa kelas III di SDN Pulungdowo 01 Tumpang Malang setelah menerapkan strategi practice rehearsal pair dengan metode scramble. (3) peningkatan hasil belajar siswa kelas III di SDN Pulungdowo 01 Tumpang Malang setelah menerapkan strategi practice rehearsal pair dengan metode scramble. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang memerlukan dua siklus. Subyek penelitian adalah mata pelajaran Matematika pada semester ganjil tahun akademik 2012/2013, Obyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Pulungdowo 0I Tumpang Malang. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi practice rehearsal pair dan metode scramble dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Pulungdowo 0I Tumpang Malang. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal yang mengalami peningkatan dari 68.75% pada siklus I, menjadi 81.75% pada siklus II, sedangkan pada aktivitas meningkat dari 71% menjadi 78%.