METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA SISWA KELAS V MI BAITURROHMAH DESA NGAGLIK KOTA BATU
Main Author: | Irawati, Dina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29178/1/jiptummpp-gdl-dinairawat-30849-1-pendahul-1.pdf http://eprints.umm.ac.id/29178/2/jiptummpp-gdl-dinairawat-30849-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29178/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berangkat dari latar belakang meningkatkan kualitas belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas/guru bidang studi IPA kelas V MI Baiturrohmah Desa Ngaglik Kota Batu ditemukan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA rendah, diperkuat oleh nilai siswa dalam ulangan harian yang rendah. Penyebabnya: a). guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, tetapi belum maksimal dalam pencapaiannya. b) siswa kurang memahami materi yang terdapat pada mata pelajaran. Sebab itu bagaimana penerapan pendekatan problem posing dengan metode make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi pencernaan makanan manusia pada siswa kelas V MI Baiturrohmah Desa Ngaglik Kota Batu. Pemberian kombinasi make a match pada problem posing untuk membuat pembelajaran semakin menyenangkan, karena siswa akan mencari pasangan kelompok dengan mencocokkan kartu berisi topik. Tujuan penelitian adalah: a) mendeskripsikan penerapan pendekatan problem posing dengan metode make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Baiturrohmah Desa Ngaglik Kota Batu pada materi pencernaan makanan manusia. b) mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi pencernaan makanan manusia setelah menggunakan pendekatan problem posing dengan metode make a match pada siswa kelas V di MI Baiturrohmah Desa Ngaglik Kota Batu. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dilakukan dalam siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Baiturrohmah Desa Ngaglik Kota Batu tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 19 siswa. Penelitian siklus I dilaksanakan tanggal 26 dan 28 September 2012 dan siklus II pada tanggal 3 dan 5 Oktober 2012.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan problem posing dengan metode make a match terjadi peningkatan antara aktivitas guru dan siswa. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I dari 77,24% mengalami peningkatan menjadi 84,74% pada siklus II. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I 78,95% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 94,74%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa pendekatan problem posing dengan metode make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi pencernaan makanan manusia.