PENERAPAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN SISWA KELAS III SDN JUWET 2 KABUPATEN KEDIRI

Main Author: UTAMI, IMA WAHYU PUTRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29176/1/jiptummpp-gdl-imawahyupu-30850-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29176/2/jiptummpp-gdl-imawahyupu-30850-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29176/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasarkan atas hasil observasi yang menunjukkan data siswa kelas III SDN Juwet 2 Kabupaten Kediri yang kesulitan mengerjakan soal operasi hitung bilangan khususnya perkalian. Hal ini dapat dimengerti karena pembelajaran matematika di SD ini masih berpusat pada guru (teacher centered). Metode yang sering digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah metode ceramah. Guru tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran matematika. Dalam materi perkalian, guru menyuruh siswa untuk menghafal perkalian. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi operasi hitung bilangan kelas III SDN Juwet 2 Kabupaten Kediri. Selain itu dijelaskan pula proses pembelajaran dalam penerapan metode jarimatika yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Juwet 2 Kabupaten Kediri. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus melalui tahap perencanaaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan (observasi) dan refleksi. Instrument yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, catatan lapang dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif maupun kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan siswa kelas III SDN Juwet 2 Kabupaten Kediri. Adapun peningkatan tersebut dari pre test hingga post test 2 mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar dari pre test, post test 1 hingga post test 2 yaitu dari 31% (kurang) menjadi 63% (baik) kemudian menjadi 88% (sangat baik).