PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PANKURET PADA SISWA KELAS III SD N PURWANTORO 02 MALANG
Main Author: | MUQODDIMAH, SITI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29170/1/jiptummpp-gdl-sitimuqodd-30883-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29170/2/jiptummpp-gdl-sitimuqodd-30883-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29170/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal yang menunjukkan belum terlaksana pembelajaran matematika yang menggunakan alat peraga secara maksimal di kelas III SD N Purwantoro 02 Malang. Hal ini dikarenakan kurangnya alat peraga pembelajaran matematika yang mendukung, kurangnya penggunaan alat peraga dianggap menghambat siswa dalam mencapai KKM, maka muncul rumusan masalah yaitu; (1) bagaimana penerapan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pankuret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III B SD N Purwantoro 02 Malang, (2) bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas III B SD N Purwantoro 02 Malang dengan menggunakan alat peraga pankuret, Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran tentang penggunaan alat peraga pankuret untuk meningkatkan hsil belajar Matematika pada siswa kelas III SD N Purwantoro 02 Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan penelitian kualitatif desain penelitian tindakan kelas. Adapun prosedur penelitianya adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penggunaan alat peraga pankuret untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III B SD N Purwantoro 02 Malang dengan menggunakan sintak; membagi siswa dalam beberapa kelompok, setiap kelompok melempar dadu dengan menyanyikan lagu, jika dadu tersebut berhenti di salah satu kelompok maka kelompok tersebut harus menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru (bermain melempar dadu), menggunakan alat peraga pankuret dengan cara mengaitkan karet sesuai keliling dan luas bentuk bangun datar (observasi), perwakilan kelompok menghitung keliling dan luas bangun datar menggunakan alat peraga pankuret. Secara individu siswa menyelesaikan soal tes yang diberikan oleh guru, siswa mengumpulkan tugas dengan disiplin. Siswa bersama-sama guru membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari (hasil belajar). Terlihat dari keterlaksanaan pembelajaran menggunakan alat pankuret meningkat terlihat dari semua aspek yang terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil tes/evaluasi pembelajaran diketahui nilai rata-rata nilai tes hasil belajar matematika mengalami peningkatan, siklus 1 nilai rata-rata siswa 61 menjadi 96 pada siklus II. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 41% menjadi 100% pada siklus II.