PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MEDIA PHOTO PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SDN PULUNGDOWO 01 KECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG
Main Author: | Rikawati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29161/1/jiptummpp-gdl-rikawati08-30886-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29161/2/jiptummpp-gdl-rikawati08-30886-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29161/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) ini teridentifikasi dari hasil observasi awal, siswa mengalami permasalahan terhadap pembelajaran IPS. Akar permasalahan ini berwal dari: pelaksanaan pembelajaran hanya menggunakan metode caramah dan tidak menggunakan media pembelajaran. Sehingga siswa kurang tertarik pada materi yang telah disajikan. Dalam penelitian ini menuangkan 2 rumusan masalah yaitu: (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPS dengan menggunakan media photo puzzle yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan (2) bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media photo puzzle pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Pulungdowo 01 kecamatan tumpang kabupaten Malang. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPS dengan menggunakan media photo puzzle yang dapat meningkatkan hasil belajar serta untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media photo puzzle pada siswa kelas IV SDN Pulungdowo 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media photo puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran dapat diketahui dengan pengamatan terhadap 4 aspek, yaitu: (1) kerjasama (2) keaktifan (3) keberanian dan (4) tekun. Berdasarkan hasil tes evaluasi, diketahui rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil belajar adalah 64,1% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 94,1%. Prosentase ini melebihi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian yaitu 70% dengan ketuntasan minimal 65. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penggunaan media photo puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa.