PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS (BAGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 4 MALANG

Main Author: SAPITRI, EVI RIANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29156/1/jiptummpp-gdl-evirianasa-30887-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29156/2/jiptummpp-gdl-evirianasa-30887-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29156/
Daftar Isi:
  • Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IV SD Muhammadiyah 4 Malang menunjukkan nilai siswa masih ada yang di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM), khusunya materi sistem pemerintahan. Salah satu penyebab tidak tuntasnya hasil belajar siswa yaitu dalam penyampaian pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan media yang ada di dalam buku. Oleh karena itu perlu diterapkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah yang akan diteliti adalah Bagaimana proses penerapan media grafis (bagan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pemerintahan pada pelajaran PKn siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Malang? dan Bagaimana hasil belajar media grafi (bagan) pada materi system pemerintahan pada pelajaran PKn siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Malang?. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah media grafis (bagan) dengan obyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Malang yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Malang, dengan penggunaan media grafis (bagan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media grafis (bagan) dapat meningkatkan hasil belajar . Nilai yang diperoleh siswa mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan mencapai 35% sedangkan pada siklus II mencapai 83%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa media grafis (bagan) dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Malang mata pelajaran PKn pokok bahasan sistem pemerintahan. Berdasarkan hal tersebut, disarankan: bagi guru menjadi alternatif dalam mengatasi masalah hasil belajar siswa pada pelajaran PKn khususnya pada materi system pemerintahan, bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran.