PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN AMPELDENTO 02 MALANG PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY)

Main Author: Triastutik, Endah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29146/1/jiptummpp-gdl-endahtrias-30890-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29146/2/jiptummpp-gdl-endahtrias-30890-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29146/
Daftar Isi:
  • Masalah yang dihadapi oleh guru kelas III di SDN Ampeldento 02 Malang adalah rendahnya hasil belajar IPS materi meelihara lingkungan alam dan buatan dengan persentase ketuntasan Tahun ajaran 2011/2012 sebesar 77% siswa yang belum tuntas dan jumlah persentase siswa yang tuntas hanya 23% sedangkan menurut ketentuan sekolah kondisi idealnya 75% dari jumlah siswa yang memiliki ketuntasan belajar dengan KKM adalah 70, sedangkan pada tahun 2010/2011 jumlah siswa yang tuntas sebesar 42% dan yang belum tuntas sebesar 58%. Salah satu penyebab kondisi tersebut adalah kurang diperhatikannya penggunaan model atau metode pembelajaran sehingga siswa kurang tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Untuk itu penulis beserta guru kelas ingin meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) yaitu model pembelajaran yang menggabungkan gerakan fisik dan aktivitas intelektual dan penggunaan semua indra yang dapat berpengaruh besar dalam pembelajaran. Sehingga siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) pada pembelajaran IPS tentang memelihara lingkungan alam dan buatan siswa kelas III SDN Ampeldento 02 Malang dan menjelaskan peningkatan hasil belajar IPS tentang memelihara lingkungan alam dan buatan siswa kelas III SDN Ampeldento 02 Malang melalui penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (Action Research) yaitu salah satu strategi penyelesaian masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dan proses kemampuan mendeteksi dan menyelesaikan masalah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis dan Mc Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization) dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi memelihara lingkungan alam dan buatan diketahui rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 65% sedangkan pada siklus ke II hasil belajar siswa mencapai 89%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi memelihara lingkungan alam dan buatan.