PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN MELALUI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I SD MUHAMMADIYAH 05 BUMIAJI BATU

Main Author: PURWANTI, CICIK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29131/1/jiptummpp-gdl-cicikpurwa-31103-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29131/2/jiptummpp-gdl-cicikpurwa-31103-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29131/
Daftar Isi:
  • Hasil observasi awal menunjukkan adanya kesulitan belajar yang dialami siswa SD Muhammadiyah 05 Bumiaji Batu pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan desa dan kecamatan. Hal ini dikarenakan materi yang dianggap sulit oleh siswa. Selain itu kegiatan pembelajaran yang kurang variatif membuat siswa merasa bosan. Salah satu alternatif pembelajaran dapat digunakan strategi Crossword Puzzle. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi Crossword Puzzle dalam pembelajaran pada siswa kelas IV. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 05 Bumiaji Batu dengan jumlah 17 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 8 perempuan dengan tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun langkah-langkah dalam pelaksanaan penelitian adalah identifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dari siklus I, siklus II, dan siklus III, serta refleksi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: observasi, dokumentasi, wawancara, tes dan lembar kerja siswa. Analisis yang digunakan menggunakan teknik deskriftif kualitatif. Data diperoleh dari hasil obsevasi kegiatan guru dan siswa serta dari hasil tes belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar tentang sistem pemerintahan desa dan kecamatan pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 05 Bumiaji Batu yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang tuntas belajar dari siklus I sebanyak 47% (8 siswa), siklus II sebanyak 65% (11 siswa) dan meningkat pada siklus III dengan 81% (13 siswa) dengan ini penelitian sudah berhasil karena sudah melebihi kriteria keberhasilan yaitu 81%.