PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK, PAIR, AND SHARE PADA SISWA KELAS V SD INSAN AMANAH MALANG
Main Author: | WULANDARI, FEFI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29130/1/jiptummpp-gdl-fefiwuland-31256-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29130/2/jiptummpp-gdl-fefiwuland-31256-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29130/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang dihadapi oleh guru mata pelajaran IPA kelas V SD Insan Amanah Malang adalah rendahnya hasil belajar IPA materi penyesuaian makhluk hidup dengan presentasi kelulusan pada prasiklus sebesar 46,15%. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan beberapa faktor yaitu guru kurang kreatif dalam menggunakan strategi yang tepat untuk mengajar di kelas sehingga siswa merasa bosan mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Untuk itu penulis beserta guru kelas ingin meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Think, Pair, and Share yaitu strategi pembelajaran yang melatih siswa untuk memenuhi sendiri kebutuhan intelektualnya dan mengembangkannya sebagai individu berpotensi karena dalam proses pembelajaran lebih melibatkan peserta didik sebagai pemikir dari pada pengumpul pengetahuan, sehingga nantinya setiap siswa akan aktif dalam proses pembelajaran. Dalam strategi ini terdiri dari tahap think (siswa berpikir sendiri), pair (siswa berpasangan), dan share (siswa berkelompok). Masalah yang diteliti antara lain, (1) proses penerapan strategi pembelajaran kooperatif Think, Pair, and Share, (2) peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif Think, Pair, and Share. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (Action Research) yaitu salah satu strategi penyelesaian masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dan proses kemampuan mendeteksi dan menyelesaikan masalah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis dan Mc Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan hasil belajar sedangkan instrument pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair, and Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi penyesuaian makhluk hidup diketahui rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada prasiklus ketuntasan hasil belajar mencapai 46,15%, pada siklus I ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 63,85%, dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 84%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa strategi pembelajaran kooperatif Think, Pair, and Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi penyesuaian makhluk hidup.