PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENGGUNAAN METODE STAD ( STUDENT TEAM- ACHIEVEMENT DIVESIONS ) SISWA KELAS IV SDN MULYOAGUNG 1 DAU MALANG
Main Author: | NURYANI, IDA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29125/1/jiptummpp-gdl-idanuryani-29161-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29125/2/jiptummpp-gdl-idanuryani-29161-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/29125/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan pada hasil observasi, wawancara serta dengan melihat dokumen daftar hasil belajar siswa kelas IV SDN Mulyoagung 1DAU ditemukan beberapa masalah yaitu hasil belajar siswa masih rendah dalam mata pelajaran IPS khususnya pada KD: Mengenal perkembangan tehnologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman penggunaannya.Hal ini karena siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa bosan dan kurang memperhatikan materi yang sedang disampaikan oleh guru. Untuk itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu melalui pemanfaatan metode STAD.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan pembelajaran menggunakan metode STAD dalam peningkatan keaktifan siswa kelas IV SDN Mulyo Agung 1 DAU pada mata pelajaran IPS, (2) Hasil Belajar siswa setelah menggunakan metode STAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenisPenelitian Tindakan Kelas.Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2012 dalam dua tahap, yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan. Tahap pra tindakan dilakukan dengan pengambilan data hasil pembelajaran yang dilakukan guru, sedangkan tahap tindakan dilakukan dengan mengadopsi desain PTK Kemmis dan Taggart, yang terdiri dari empat langkah yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Keempat langkah tersebut merupakan satu siklus, pada penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing terdiri dari 1 pertemuan.Adapun untuk memperoleh data dari tindakan yang dilakukan, peneliti menggunakan wawancara, dokumen dan observasi untuk memperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan metode STAD, dan hasil pembelajaran setelah menggunakan metode STAD. Data- data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuatitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan metode STAD pada Mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Mulyoagung 1 DAU dapat menjadikan siswa lebih antusias dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran, hal ini terlihat dari hasil observasi aktifitas siswa, dimana pada pra siklus siswa dengan nilai sangat baik yaitu ĆāAĆā berjumlah 6 siswa, pada siklus I meningkat menjadi 15 siswa, dan pada siklus II meningkat cukup tinggi yaitu 23 siswa,(2) penggunaan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Mulyoagung 1 DAU. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya tingkat ketuntasan belajar yang dicapai siswa, di mana saat pra siklus tingkat ketuntasan klasikal yaitu 58 %, saat siklus I meningkat menjadi 74 %, dan pada siklus II mencapai 96 %.