PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI MELALUI PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS IV SDN MULYOAGUNG 03 DAU-MALANG
Main Author: | NINGSIH, DWI ESTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29123/1/jiptummpp-gdl-dwiestinin-29163-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29123/2/jiptummpp-gdl-dwiestinin-29163-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29123/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal yang mengindikasikan bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran PKn di SDN Mulyoagung 03 Dau Malang masih rendah. Di dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode konvensional, sehingga masih banyak ditemukan siswa yang cenderung kurang fokus pada pembelajaran. Oleh karena itu, perlu diterapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Alternatif metode pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu metode Two Stay Two Stray. Tujuan peneliti yaitu untuk dapat mendeskripsikan penerapan metode Two Stay Two Stray pada mata pelajaran PKn materi globalisasi, serta mengetahui peningkatan hasil belajar PKn materi globalisasi melalui penerapan metode Two Stay Two Stray. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mulyoagung 03 Dau-Malang, dengan subjek siswa kelas IV yang berjumlah 38 siswa, dengan perincian 22 siswa putra dan 16 siswa putri. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei 2012 dalam dua tahap, yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan. Tahap pra tindakan dilakukan dengan pengambilan data hasil pembelajaran guru, sedangkan tahap tindakan dilakukan oleh peneliti dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan metode two stay two stray pada mata pelajaran PKn materi globalisasi di SDN Mulyoagung 03 Dau Malang membuat siswa semakin aktif dalam kegiatan belajar di kelas. (2) Penerapan metode two stay two stray dapat meningkatkan pencapaian hasil prosentase ketuntasan belajar pada pra siklus yaitu hanya 42% dan siswa yang belum tuntas 58%. Siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 69% dan siswa yang belum tuntas 31%. Siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 95% dan siswa yang belum tuntas 5%. siswa terhadap materi globalisasi. Berdasarkan hasil penelitian, metode two stay two stray disarankan untuk dipergunakan sebagai acuan dalam penyusunan program pengajaran yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran siswa.