PENERAPAN METODE INQUIRY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGELOMPOKAN BANGUN DATAR SISWA KELAS II MI MAMBAUL ULUM KARANGPLOSO MALANG
Main Author: | Gianti, Ika Fepi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29112/1/jiptummpp-gdl-ikafepigia-30057-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29112/2/jiptummpp-gdl-ikafepigia-30057-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29112/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang dihadapi oleh guru kelas II MI Mambaul Ulum Karangploso Malang adalah kesulitan memahami materi pengelompokan bangun datar. Ketika guru menerangkan materi dengan menggunakan metode ceramah tidak semua siswa memperhatikan dengan baik, sebagian siswa cenderung berbicara dengan teman sebangku, hanya siswa yang duduk di bagian depan yang memperhatikan penjelasan guru, sehingga pemahaman materi kurang baik. Masalah yang akan diteliti adalah bagaimana proses penerapan Metode Inquiry Discovery untuk meningkatkan kemampuan pengelompokan Bangun datar siswa kelas II MI Mambaul Ulum Karangploso Malang? dan Bagaimana hasil penerapan Metode Inquiry Discovery untuk meningkatkan kemampuan pengelompokan Bangun datar siswa kelas II MI Mambaul Ulum Karangploso Malang? Jenis penelitian ini yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian tindakan kelas terdiri dari empat fase, yaitu perencanaan, aksi, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas merupakan sarana untuk memperbaiki dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Peneliti menerapkan metode Inquiri Discovery yaitu metode yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari dan menemukan sendiri. Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas II MI Mambaul Ulum pada Pokok Bahasan Pengelompokan Bangun Datar dengan menggunakan penerapan metode Inquiri Discovery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Inquiry Discovery dapat meningkatkan kemampuan pengelompokan Bangun Datar. Nilai yang diperoleh siswa mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan mencapai 55,50% sedangkan pada siklus II mencapai 87,50%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa metode Inquiri Discovery dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas II MI Mambaul Ulum mata pelajaran Matematika pokok bahasan Pengelompokan Bangun Datar.