PERAN PETUGAS (PRO) HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN (Studi pada PT. Sinar Mas Malang)

Main Author: Sriwahyuningsih, Endah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29102/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-endahsriwa-21154-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29102/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-endahsriwa-21154-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29102/
Daftar Isi:
  • Humas sebagai komunikator mempunyai fungsi ganda yaitu keluar (eksternal) memberikan informasi kepada khalayak dan ke dalam (internal) menyerap reaksi dari khalayak. Sejauh mana keberhasilan tergantung daripada upaya dan usaha serta kemampuan organisasi itu sendiri. Hubungan masyarakat dalam suatu organisasi melaksanakan fungsi manajemen. Humas merupakan salah satu fungsi sebagai unsur pimpinan. Pada umumnya humas merupakan bidang atau fungsi tertentu yang diperlukan oleh setiap organisasi, baik itu organisasi yang bersifat komersial (perusahaan) maupun organisasi yang non-komersial. Dari pejelasan di atas menunjukkan bahwa humas memiliki peran yang penting dalam menjaga citra perusahaan agar tetap baik, bahkan sudah seharusnya human berperan penting tidak hanya mempertahankan citra yang sudah ada tetapi juga harus mampu meningkatkan citra perusahaan yang ada selama ini. Rumusan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana peranan humas pada PT. Sinar Mas Malang dalam meningkatkan citra perusahaan? (2) Faktor-faktor apa yang menjadi kendala dalam meningkatkan citra perusahaan? (3) Upaya apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut?. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui peranan humas pada PT. Sinar Mas Malang dalam meningkatkan citra perusahaan (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala dalam meningkatkan citra perusahaan (3) Untuk mengetahui upaya yang harus dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data sebagai berikut : (a) Wawancara mendalam (b) Dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif" pengumpulan data-data yang didapat berupa kata-kata atau informasi-informasi yang diperoleh dari proses observasi, wawancara maupun dari dokumen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Peranan humas pada PT. Sinar Mas Malang dalam meningkatkan citra perusahaan adalah sebagai berikut: (a) Sebagai penasehat ahli, yaitu memberikan jawaban yang profesional tentang permasalahan yang dihadapi oleh karyawan apabila karyawan kurang memahami terhadap suatu permasalahan (b) Fasilitator komunikasi, yaitu Humas berperan dalam menjembatani komunikasi dengan berbagai pihak baik internal maupun eksternal, menjembatani komunikasi dengan karyawan, dan menjembatani komunikasi dengan nasabah (c) Fasilitator pemecahan masalah, yaitu merupakan salah satu peran humas yang cukup penting hal ini dikarenakan dalam suatu perusahaan pasti akan ditemui berbagai persoalan (d) Teknisi komunikasi, yaitu adanya teknik tertentu dalam berkomunikasi yang berhubungan dengan perusahaan (2) Faktor-faktor yang menjadi kendala dalam meningkatkan citra perusahaan adalah adanya komunikasi yang kurang baik atau salah komunikasi. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah dalam setiap tugasnya, ada empat langkah yang sebaiknya dilakukan oleh setiap praktisi Hubungan Masyarakat (Humas), yaitu: a) fact finding, b) planning and programming, c) communication, d) evaluasion. Dari keempat langkah tersebut langkah yang paling penting disini adalah pertama sangat penting artinya bagi suksesnya program humas khususnya untuk menjaga kelangsungan humas.