PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMERANKAN TOKOH DRAMA SISWA KELAS V SDN NGARNDULOR JOMBANG
Main Author: | HUMAIROH, ZUNI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29073/1/jiptummpp-gdl-zunihumair-30162-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29073/2/jiptummpp-gdl-zunihumair-30162-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29073/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, terdapat adanya beberapa kesulitan yang dialami siswa kelas V SDN Ngrandulor Jombang pada materi drama pendek. Kesulitan yang dimaksudkan adalah: kesulitan bermain drama. Karena peserta didik cenderung hanya disuruh membaca teks drama yang ada dibuku saja, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam bermain drama. Sehingga peserta didik kurang menguasai konsep pembelajaran. Penelitian tindakan kelas merupakan sarana untuk memperbaiki dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Peneliti menerapkan metode Bermain Peran. Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan memerankan tokoh drama siswa kelas V SDN Ngrandulor Jombang pada pokok bahasan bermain drama dengan menggunakan Penerapan metode Bermain Peran Masalah yang akan diteliti adalah bagaimana proses penerapan Metode Bermain Peran untuk meningkatkan kemampuan memerankan tokoh drama siswa kelas V SDN Ngrandulor Jombang? dan Bagaimana hasil penerapan Metode Bermain Peran untuk meningkatkan kemampuan memerankan tokoh drama? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (Action Research) yaitu salah satu strategi penyelesaian masalah yang memanfaatkan tindakan nyata rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang menggunakan model Hopkins Sanjaya. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari identifikasi masalah perencanaan, aksi, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Bermain Peran dapat meningkatkan kemampuan memerankan tokoh drama diketahui rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 45,45 % sedangkan pada siklus ke II hasil belajar peserta didik mencapai 77 % Peningkatan tersebut membuktikan bahwa Metode Bermain Peran dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas V SDN Ngrandulor Jombang mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan bermain drama.