PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WRITING IN THE HERE AND NOW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG MATERI MENULIS SISWA KELAS III SDN AMPELDENTO 2 KECAMATAN KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG
Main Author: | WULANDARI, RINA SEPTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29072/1/jiptummpp-gdl-rinaseptiw-30163-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29072/2/jiptummpp-gdl-rinaseptiw-30163-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29072/ |
Daftar Isi:
- Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas III SDN Ampeldento Malang menunjukkan nilai siswa masih banyak di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Salah satu penyebab tidak tuntasnya hasil belajar siswa dalam hal kurangnya imajinasi siswa yang akan diungkapkan. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran writing in the here and now. Model tersebut dapat melatih dan mempertajam daya imajinasi siswa serta menghubungkan materi pelajaran dengan realitas kehidupan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan model pembelajaran writing in the here and now dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Ampeldento Malang dan bagaimana pelaksanaan model writing in the here and now. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang membutuhkan beberapa siklus. Subyek penelitian ini adalah model pembelajaran writing in the here and now dengan obyek penelitian adalah siswa kelas III SDN 2 Ampeldento Malang yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN 2 Ampeldento Malang, dengan penggunaan model pembelajaran writing in the here and now. Keterlaksanaan model pembelajaran writing in the here and now pada siklus I mencapai 83% yang mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 100%. Prosentase ketuntasan pada siklus I mencapai 44% dengan KKM sebesar 70. Sedangkan pada siklus II prosentase ketuntasan mencapai 88,3%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran writing in the here and now dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 2 Ampeldento Malang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Ampeldento setelah penggunaan model pembelajaran writing in the here and now terdapat peningkatan. Berdasarkan hal tersebut, disarankan: bagi guru menjadi alternatif dalam mengatasi masalah hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis, bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran.