PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TERHADAP MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK SISWA KELAS IV SDN AMPELDENTO 02 MALANG
Main Author: | Yonanda, Devi Afriyuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29063/1/jiptummpp-gdl-deviafriyu-30194-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29063/2/jiptummpp-gdl-deviafriyu-30194-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29063/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang dihadapi oleh guru kelas IV Di SDN Ampeldento 02 Malang adalah rendahnya hasil belajar IPA materi perebahan lingkungan fisik dengan persentase ketuntasan Tahun ajaran 2010/2011, persentase jumlah siswa yang sudah tuntas hanya sebesar 46 % dan jumlah siswa yang belum tuntas sebesar 54%, sedangkan menurut ketentuan sekolah kondisi idealnya 75% dari jumlah siswa yang memiliki ketuntasan belajar dengan KKM adalah 70, sedangkan pada tahun 2009/2010 jumlah siswa yang tuntas sebesar 50% dan yang belum tuntas sebesar 50%. Salah satu penyebab kondisi tersebut adalah kurang diperhatikannya penggunaan model pembelajaran yang mendukung untuk penyampaian materi sehingga siswa merasa jenuh ketika belajar. Untuk itu penulis beserta guru kelas ingin meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Index Card Match yaitu model pembelajaran yang memungkinkan siswa mengingat kembali materi yang disampaikan oleh gurunya akan tetapi dengan cara yang menyanangkan, karena terdapat unsur permainan di dalamnya. Masalah yang akan diteliti adalah bagaimana hasil penerapan model pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar terhadap materi perubahan lingkungan fisik siswa kelas IV SDN Ampeldento 02 Malang? dan apakah penerapan model pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar terhadap materi perubahan lingkungan fisik siswa kelas IV SDN Ampeldento 02 Malang? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (Action Research) yaitu salah satu strategi penyelesaian masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dan proses kemampuan mendeteksi dan menyelesaikan masalah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis dan Mc Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi perubahan lingkungan fisik diketahui rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 53,8% sedangkan pada siklus ke II hasil belajar siswa mencapai 80,8%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi perubahan lingkungan fisik.