PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MASALAH SOSIAL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN MULYOAGUNG 03 DAU MALANG

Main Author: SARI, EFI NILA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29061/1/jiptummpp-gdl-efinilasar-30195-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29061/2/jiptummpp-gdl-efinilasar-30195-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29061/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, ditemukan kualitas pembelajaran di kelas IV SDN Mulyoagung 03 Dau Malang yang masih belum sesuai dengan KTSP serta diketahui berdasarkan observasi yang telah dilakukan permasalahan lain yang muncul adalah rendahnya nilai mata pelajaran IPS.Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang terpusat pada guru serta kurang melibatkan keaktivan siswa dalam memperoleh pengalaman belajarnya. Tujuan penelitian ini diantaranya:(1)Mendeskripsikan penerapan metode inkuiri terbimbing pada pembelajaran IPS materi masalah sosial kelas IV SDN Mulyoagung 03 Dau Malang(2) Mendeskripsikan adanya peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan penerapan metode inkuri terbimbing siswa kelas IV SDN Mulyoagung 03 Dau Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Desain Penelitian tindakan kelas yang digunakan diadopsi dari model penelitian Kemmis dan Taggart dngan empat tahapan yaitu : (1) Perencanaan tindakan (2) Pelaksanaan dan observasi (3) Refleksi dan revisi. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas IV SDN Mulyoagung 03 Dau Malang dengn jumlah 38 orang siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Mulyoagung 03 Dau Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar RPP,lembar pengamatan keaktifan siswa, pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Mulyoagung 03 Dau Malang dapat berjalan dengan lancar melalui berbagai tahapan : yaitu perumusan masalah, perumusan hipotesis, pengumpulan data,menguji hipotesis dan perumusan kesimpulan. (2) Hasil belajar siswa setelah dilaksanakannya metode inkuiri terbimbing mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa menjawab benar sehingga nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Nilai rata – rata kelas pada awal tindakan 63,7 meningkat menjadi 70,5 pada pertemuan pertama siklus I. Meningkat menjadi 80,9 pada pertemuan siklus II.