PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN PANGGUNGREJO 1

Main Author: Pratiwi, Winda Arista
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29055/1/jiptummpp-gdl-windaarist-30199-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29055/2/jiptummpp-gdl-windaarist-30199-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29055/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini diawali dari hasil observasi dan pengamatan yang menunjukkan 50% hasil belajar peserta didik tidak tuntas dalam menulis karangan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan dengan pendekatan SAVI pada peserta didik kelas IV SDN Panggungrejo 1. Dijelaskan juga pembelajaran menulis karangan menggunakan pendekatan SAVI pada peserta didik kelas IV SDN Panggungrejo 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian kelas IVB dengan junlah 28 orang. Pelaksanaan tindakan menggunakan pendekatan SAVI yang merupakan singkatan dari Somatis, Auditory, Visual dan Intelektual. Somatis yaitu belajar dengan bergerak dan berbuat. Auditori yaitu belajar dengan berbicara dan mendengar. Visual yaitu belajar dengan mengamati dan menggambarkan. Sedangkan intelektual yaitu belajar dengan memecahakan masalah. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus 1, 64,3% peserta didik telah tuntas belajar. Jumlah tersebut kemudian meningkat menjadi 100% peserta didik yang tuntas belajar pada siklus 2. Prosentase ini melebihi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian yaitu 75% peserta didik tuntas belajar dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan SAVI pada pembelajaran menulis karangan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.