PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III-A SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG
Main Author: | Anggraeni, Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29054/1/jiptummpp-gdl-dewianggra-30246-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29054/2/jiptummpp-gdl-dewianggra-30246-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29054/ |
Daftar Isi:
- Penelitian didasari atas pemikiran bahwa pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang, khususnya pada materi gerak benda. Hal ini disebabkan karena penyampaian materi yang kurang menarik, sehingga ketertarikan siswa terhadap hasil belajar.Penggunaan metode pembelajaranpicture and picture dapat menjadikan suasana pembelajaran menyenangkan, siswa lebih aktif dalam kelas dan melatih siswa lebih berpikir logis, sehingga siswa akan lebih tertarik dalam belajar materi gerak benda. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui apakah metode pembelajaran picture and picture di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang berjalan dengan baik. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penggunaan metode pembelajaran picture and picture pada siswa kelas III-A SD Muhammadiyah 08 Dau Malang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu; penelitian ini dari siklus satu ke siklus berikutnya, tahapan setiap siklus dimulai dari observasi awal, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi pada analisis data. Berdasarkan data yang terkumpul dalam penelitian ini, pada siklus I rata-rata nilai siswa yaitu 64,64, Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa yaitu 75,39. Sehingga dapat dikatakan ketuntasan klasikal sudah terpenuhi.