PENERAPAN METODE BERMAIN SMS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 08 DAU KABUPATEN MALANG
Main Author: | KHOIRINA, MEGA IZZATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29039/1/jiptummpp-gdl-megaizzati-28962-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29039/2/jiptummpp-gdl-megaizzati-28962-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29039/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbahasa siswa dikarenakan dalam pembelajarannya guru menggunakan pembelajaran tematik, berbeda ketika guru menggunakan model pembelajaran secara terpisah, maka tingkat kemamapuan siswa dalam berbahasa dapat mencapai KKM 75. Salah satu implikasi pembelajaran tematik adalah dengan menggunakan multi metode, maka peneliti menggabungkan beberapa mata pelajaran dengan menggunakan metode yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode SMS sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada pembelajaran tematik dan untuk mengetahui pencapaian kemampuan berbahasa pada pembelajaran tematik melalui penerapan metode SMS pada siswa kelas II SD Muhammadiyah 08 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dan desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dan tempat dalam penelitian adalah siswa kelas II SD Muhammadiyah 08 Malang dengan jumlah 35 siswa yang terdiri 24 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Sesuai dengan ketercapaian tujuan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Data - data dalam penelitian diperoleh dari hasil tes tulis, observasi dan catatan lapang. Analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penerapan metode bermain SMS untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa kelas II SD Muhamadiyah 08 adalah dilaksanakan melalui sintaks sebagai berikut: 1) Siswa membuat kelompok yang terdiri dari dua orang yaitu teman sebangku. 2) Tiap-tiap pasangan mendapatkan kartu SMS yang berbeda warna (hijau dan orange). 3) Siswa yang mendapatkan kartu SMS berwarna hijau mendapatkan giliran bertanya terlebih dahulu sesuai dengan tema yang sudah dipelajari, sedangkan pasangannya (siswa yang mendapat kartu orange) membalas pertanyaan dari pemegang kartu SMS berwarna hijau. 4) Secara bergiliran, pasangan tersebut bertanya jawab melalui kartu SMS yang dibuat oleh guru. Peningkatan kemampuan berbahasa siswa kelas II SD Muhammmadiyah 08 Malang telah mengalamai peningkatan dengan menerapkan metode bermain SMS pada pembelajaran tematik, hal ini ditunjukkan oleh ketuntasan belajar klasikal meningkat pada siklus I 52% menjadi 91% pada siklus II. Penelitian ini merekomendasikan dalam mengajarkan melengkapi kalimat sederhana dengan kata yang tepat pada pembelajaran tematik hendaknya menggunakan metode bermain SMS.