PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS IV-B MI ISKANDAR SULAIMAN BATU
Main Author: | INDRAWATI, ESTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29032/1/jiptummb--estiindraw-27887-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29032/2/jiptummb--estiindraw-27887-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29032/ |
Daftar Isi:
- Saat ini masih sering kita temui Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sangat sulit dan kurang disukai oleh siswa. Sehingga banyak siswa yang malas atau takut mengikuti proses pembelajaran Matematika. Hal tersebut juga disebabkan karena ketidaktepatan penggunaan metode pembelajaran yang digunakan guru di kelas. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif, sehingga kegiatan pembelajaran bisa berlangsung aktif, efektif, dan menyenangkan sehingga siswa tidak akan terpasung dalam suasana pembelajaran yang kaku, monoton, dan membosankan. Metode itu adalah Metode Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV-B MI Iskandar Sulaiman Batu pada mata pelajaran matematika melalui penerapan metode Two Stay Two Stray. Mata pelajaran Matematika dipilih karena dalam mata pelajaran ini menghadapi banyak kendala 1) siswa jarang mengajukan pertanyaan jika ada hal yang belum dipahami, 2) siswa kurang berani mengutarakan pendapat atau jawaban jika diberikan pertanyaan oleh guru, 3) guru masih menggunakan metode pembelajaran yang bersifat konvensional yaitu ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, dan 4) hasil nilai evaluasi soal menunjukkan bahwa 14 dari 24 siswa mendapatkan nilai di bawah SKM yang telah ditetapkan yaitu 60. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 24 siswa, dengan perincian 5 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif dengan sumber data dari refleksi proses belajar mengajar yang dilakukan guru dengan menggunakan metode Two Stay Two Stray. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh bahwa penggunaan metode Two Stay Two Stray dalam pembelajaran Matematika di kelas IV-B MI Iskandar Sulaiman Batu terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Peningkatan aktivitas belajar siswa meningkat 22,22% dengan rata-rata siklus I sebesar 55,09% kriteria cukup (C) dan pada siklus II meningkat sebesar 77,31% kriteria baik (B). Ketuntasan hasil belajar naik dengan rata-rata siklus I sebesar 62,5% (tuntas) dan 37,5% (tidak tuntas) kemudian menjadi 87,5% (tuntas) dan 12,5% (tidak tuntas). Jadi penilaian hasil belajar siswa menggunakan metode Two Stay Two Stray meningkat sebesar 25%.