PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X-2 DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Main Author: MILYASARI, RISCA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29013/1/jiptummpp-gdl-riscamilya-30528-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29013/2/jiptummpp-gdl-riscamilya-30528-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29013/
Daftar Isi:
  • Model pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang banyak digunakan oleh kalangan pendidik saat ini, termasuk salah satunya guru biologi kelas X-2 SMA Muhammadiyah 1 malang. Model pembelajaran kooperatif yang pernah diterapkan diantaranya ; Jigsaw, Student Teams – Achievement Divisions dan Team Games Tournament. Sedangkan Two Stay Two Stray masih belum pernah diterapkan. Berasarkan obesrvasi mengenai hasil belajar yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Malang, terdapat 71,42% siswa mendapat nilai di Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil belajar rendah disebabkan model pembelajaran kooperatif yang guru terapkan kurang optimal dan kurang menambah variasi model pembelajaran. Sehingga membentuk menjadi pasif dan kurang kreatif. Oleh karena itu perlu penerapan yang optimal dan model pembelajaran kooperatif baru. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah penelitian reflektif yang dilaksanakan secara siklis (berdaur) oleh guru atau calon guru di dalam kelas. Dalam pelaksanaannya jumlah siklus bergantung pada masalah yang perlu diselesaikan. Pada penilitian ini jumlah siklus yang diperlukan adalah 2. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-2 SMA Muhammadiyah 1 Malang dan pokok bahasan hewan invertebrata. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana pengaruh penerapan Two Stay Two Stray terhadap biologi siswa kelas X-2 SMA Muhammadiyah 1 Malang. 2) Mengetahui bagaimana penerapan Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa biologi kelas X-2 SMA Muhammadiyah 1 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Two Stay Two Stray sangat berpengaruh terhadap siswa kelas X-2 SMA Muhammadiyah 1 Malang serta dapat meningkatkan hasil belajar Biologi pada tingkat kognitif, afektif dan psikomotorik.. pada tingkat kognitif hasil belajar pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 dengan skor rata-rata 71,05. Pada siklus II meningkat menjadi 17 siswa dengan skor rata-rata 85,05. Sedangkan pada tingkat afektif dan psikomotorik pada siklus I ketuntasan yang dicapai sebanyak 57,89% dan pada siklus II meningkat menjadi 89,47%. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa penerapan Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar biologi.