FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2006-2010

Main Author: Rahadian, Noordiana Fitry
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28986/1/jiptummb--noordianaf-27981-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28986/2/jiptummb--noordianaf-27981-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28986/
Daftar Isi:
  • Salah satu keputusan penting yang dihadapi oleh manajer keuangan dalam kaitannya dengan kelangsungan operasi perusahaan adalah keputusan pendanaan atau keputusan struktur modal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh ukuran perusahaan, risiko bisnis, profitabilitas, struktur aktiva, dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal pada perusahaan foods and beverages yang go public di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2010. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dalam bentuk laporan keuangan yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory periode tahun 2006-2010. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sehingga didapat 17 perusahaan dalam penelitian ini. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu; variabel bebas meliputi ukuran perusahaan, risiko bisnis, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan. Sedangkan untuk variabel terikatnya adalah struktur modal pada perusahaan foods and beverages. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode penelitian secara parsial hanya risiko bisnis dan pertumbuhan penjualan yang berpengaruh signifikan. Sedangkan ukuran perusahaan dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Hasil secara keseluruhan didapat bahwa ukuran perusahaan, risiko bisnis, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadp struktur modal. Besarnya pengaruh tersebut adalah 0,252 atau 25,2 %. Sedangkan sisanya sebesar 74,8% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian atau di luar persamaan regresi.