MOTIF MAHASISWA MENONTON TAYANGAN SHOWCASE DI KOMPAS TV ( Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Konsentrasi Audio Visual Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2008 )

Main Author: Ramadhan, Andikha Kurnia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28938/1/jiptummpp-gdl-andikhakur-29076-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28938/
Daftar Isi:
  • Program acara yang ditampilkan oleh stasiun televisi ada bermacam-macam Salah satunya adalah tayangan musik Showcase ada di Kompas TV. Tayangan ini ditampilkan dalam waktu 60 menit setiap hari Jumat pukul 22.00 – 23.00, disiarkan dengan konsep live offair dengan musisi yang diundang bermain secara live, bukan dengan minus one apalagi lyp sync. Dengan bintang tamu yang yang sudah cukup terkenal dan bintang tamu yang baru naik daun (rising star). Karena format acara musik yang berbeda dengan progam musik lainnya. Karena itu peneliti ingin mengetahui motiif apa saja yang mendorong seseorang untuk melihat tayangan showcase. Disini teori yang digunakan oleh peneliti adalah teori Uses And Gratification yang mana teori tersebut mengatakan anggota khalayak dianggap aktif menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu seperti yang dikutip oleh Jalaluddin Rachmat dalam bukunya yang berjudul Psikologi Komunikasi “berdasarkan berbagai aliran dalam psikologi motivasional,William J. Mcguire (1974) mengklafisikasikan beberapa motif yang bermacam-macam dalam hubungannya dengan pemuasan kebutuhan (need gratification) oleh media. Dibagi menjadi 2 kategori yaitu : (a) motif kognitif dan gratifikasi media, dalam motif ini menekankan kebutuhan manusia akan informasi dan kebutuhan untuk mencapai tingkat idesional tertentu. (b) motif afektif dan gratifikasi media, dalam motif ini berhubungan dengan kondisi perasaan atau dinamika yang menggerakkan manusia mencapai tingkat perasaan tertentu.” Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dan tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi konsentrasi audio visual Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2008 dengan kriteria yang telah peneliti tentukan sebelumnya, kemudian dilakukan penjaringan data dan diperoleh data yang memenuhi kriteria yaitu sebanyak 24 responden Sehingga sampel penelitian ini merupakan penelitian populasi. Untuk teknik pengumpulan data, digunakan angket sebagai alat pengumpul data pokok. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua motif yang mendorong mahasiswa menonton tayangan Showcase di Kompas TV, yakni motif kognitif dan afektif. Motif Kognitif yakni responden dalam menonton tayangan musik Showcase di Kompas TV lebih terdorong oleh keinginan mereka untuk mencari dan mendapatkan informasi atas suatu hal yang baru. Sedangkan motif afektif berkaitan dengan rasa puas terhadap kemasan acara yang meliputi faktor bintang tamu (band atau artis), waktu atau jam tayang, setting tempat, blocking kamera (pengambilan gambar oleh kameraman), penampilan presenter dalam membawakan acara, tata suara serta tata cahaya. Dari data yang ada menunjukkan bahwa rata-rata mean sebesar 96,5 berada pada tahap positif dengan berdasar pada tabel pedoman interprestasi responden. Kemudian dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagian responden sudah dapat menerima pengemasan acara Showcase di Kompas TV dengan baik dan motif afektif ternyata lebih mendominasi daripada motif kognitif dalam acara Showcase di Kompas TV.