PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SITUBONDO

Main Author: NAYAKA, PANDU ANOM
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28894/1/jiptummpp-gdl-panduanomn-30626-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28894/2/jiptummpp-gdl-panduanomn-30626-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28894/
Daftar Isi:
  • Upaya untuk mengembangkan budaya organisasi di sekolah terutama berkenaan tugas kepala sekolah selaku leader dan manajer di sekolah ini, kepala sekolah hendaknya mampu melihat lingkungan sekolahnya secara holistik, sehingga diperoleh kerangka kerja yang lebih luas guna memahami masalah-masalah yang sulit dan hubungan-hubungan yang kompleks di sekolahnya. Melalui pendalaman pemahamannya tentang budaya organisasi di sekolah, maka ia akan lebih baik lagi dalam memberikan penajaman tentang nilai, keyakinan dan sikap yang penting guna meningkatkan stabilitas dan pemeliharaan lingkungan belajarnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh budaya organisasi terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Situbondo? (2) Bagaimana proses menanamkan tujuan budaya organisasi dan tanggung jawab siswa selaku pelajar di SMA Muhammadiyah 1 Situbondo? (3) Apa faktor pendorong dan faktor penghambat dari pelaksanaan budaya organisasi di SMA Muhammadiyah 1 Situbondo? (4) Apakah nilai-nilai budaya organisasi yang ada di SMA Muhammadiyah 1 Situbondo dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi siswa? (5) Apa solusi dalam menghadapi hambatan-hambatan budaya organisasi terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Situbondo? Berdasarkan penelitian ini maka peneliti melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi di lingkungan SMA Muhammaiyah 1 Situbondo dengan Kepala Sekolah, Waka-Kesiswaan, Guru Mata Pelajaran PKn dan Siswa, sesuai dengan sampel yang ditentukan yang selanjutnya disebut sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh budaya organisasi memberikan dampak positif kepada siswa untuk mendapatkan prestasi, hal ini dikarenakan fasilitas yang memadai, melibatkan siswa terhadap kegiatan-kegiatan akademik maupun non akademik kemudian penanaman motivasi dan menanamkan nilai-nilai yang baik kepada siswa. Solusinya harus dapat mengidentifikasi permasalahan yang ada serta memberi bimbingan dan pengarahan agar nantinya siswa dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sehingga prestasi akan bisa di peroleh dengan baik.