PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X7 SMA NEGERI 2 BATU PADA MATERI EKOSISTEM

Main Author: MASÂ’ULA, LILIK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28882/1/jiptummpp-gdl-lilikmasul-29537-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28882/2/jiptummpp-gdl-lilikmasul-29537-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28882/
Daftar Isi:
  • Siswa kelas X7 SMA Negeri 2 Batu memiliki permasalahan dalam kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar Biologi. Penerapan kegiatan pembelajaran Biologi yang masih berorientasi pada guru (teacher centered) dan perolehan konsep materi Biologi yang masih dilakukan secara konvensional serta kerja ilmiah siswa yang masih belum terlaksana mengakibatkan hasil belajar siswa kurang optimal. Berdasarkan nilai ulangan harian, dari 29 siswa kelas X7 hanya 30% yang mencapai nilai KKM yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dalam meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X7 SMA Negeri 2 Batu pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada tanggal 1 Mei s/d 22 Mei 2012 dan terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran GI dengan pendekatan JAS terlaksana dengan optimal. Kemampuan kerja ilmiah tiap-tiap kelompok pada siklus I yaitu kelompok I dan IV memiliki kemampuan kerja ilmiah baik, kelompok II dan III memiliki kemampuan kerja ilmiah sangat baik dan kelompok V memiliki kemampuan kerja ilmiah cukup baik, sementara pada siklus II kelima kelompok memiliki kemampuan kerja ilmiah sangat baik. Berdasarkan analisis data hasil tes formatif, ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75,86% (22 dari 29 siswa) sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 82,76% (24 dari 29 siswa), artinya terjadi peningkatan sebesar 6,9%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran GI dengan pendekatan JAS dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X7 SMA Negeri 2 Batu.