KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG

Main Author: IRWAN, MUHAMMAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28865/1/jiptummb--muhammadir-27812-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28865/2/jiptummb--muhammadir-27812-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28865/
Daftar Isi:
  • Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor pendorong terhadap sekolah untuk mewujudkan misi dan visi, tujuan dan sasaran pada sebuah sekolah melalui program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Maka dari itu kepala sekolah dituntut untuk memiliki kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang tangguh agar mampu mengambil keputusan dan prakarsa untuk meningkatkan mutu sekolah. Hal ini lebih jelasnya diatur dalam sebuah program yang kita kenal dengan manajemen berbasis sekolah (MBS). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan salah satu upaya Pemberian otonomi pendidikan yang luas pada sekolah merupakan kepedulian pemerintah terhadap gejala-gejala yang muncul di masyarakat serta upaya peningkatan mutu pendidikan secara umum. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui peranan kepala sekolah dalam pengembangan manajemen berbasis sekolah (MBS) di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. (2) Mengetahui bagaimana implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 06 Dau telah banyak berperan aktif dalam pengembangan manajemen berbasis sekolah (MBS) di sekolah tersebut. Hal ini dapat dilihat dengan adanya program khusus yang dibuat kepala sekolah untul pengembangan MBS di sekolah ini. (2) SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang adalah salah satu sekolah di Malang Raya yang sudah lama menerapkan MBS yaitu sudah diterapkan sekitar tahun 2001 yang lalu. Implementasi MBS di sekolah ini sudah berjalan bagus. Berdasarkan temuan penelitian di atas, saran yang diajukan saran-saran: (1) Kepada pemerintah diharapkan agar memperhatikan secara merata keberadaan sekolah di Malang baik negeri maupun swasta, karena kontribusi sekolah swasta juga sangat besar dalam mendidik generasi bangsa ini (2) Kepada Kepala Sekolah agar terus melakukan berbagai inovasi untuk peningkatan mutu sekolah dan terus mensosialisasikan sekolah ini dengan jalan adakan kegiatan misalnya perlombaan dengan mengundang sekolah-sekolah lain sebagai peserta lomba (3) Kepada guru-guru agar mengedepankan prinsip pengabdian adalah sebuah ibadah bukan mengejar materi sehingga tetap dan terus mengukir prestasi pada anak didik, sehingga jumlah gurunya tidak semakin berkurang dari tahun ke tahun-ke tahun (4) Kepada peneliti selanjutnya yang tertarik dengan tema penelitian sejenis, disarankan agar melakukan penelitian sejenis dengan menggunakan pendekatan lainnya, seperti penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menambahkan variabel-variabel lain yang berkaitan dengan responsivitas masyarakat terhadap pendidikan agar didapatkan hasil penelitian yang lebih baik lagi.