ANALISIS KESALAHAN KONSEP BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI BSE (BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK) SMA KELAS X SEMESTER 1

Main Author: Abrori, Fadhlan Muchlas
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28858/1/jiptummpp-gdl-fadhlanmuc-28714-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28858/2/jiptummpp-gdl-fadhlanmuc-28714-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28858/
Daftar Isi:
  • Pada proses pembelajaran di Indonesia kebanyakan guru menggunakan paling tidak satu buku teks pelajaran baik untuk pembelajaran di kelas maupun untuk memberi tugas dan pekerjaan rumah (Adisendjaja. 2007). Kesalahan konsep masih banyak sekali terdapat pada buku teks. Penelitian Hidayati (2011) menemukan kesalahan konsep 11,54% pada buku SMA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui presentase kesalahan konsep tiap kajian pada buku teks pelajaran Biologi BSE (Buku Sekolah Elektronik) untuk SMA kelas X semester 1 dan untuk mengetahui bab yang banyak terdapat kesalahan konsep pada buku teks pelajaran Biologi BSE (Buku Sekolah Elektronik) untuk SMA kelas X semester 1 Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan studi pustaka. Buku teks pelajaran yang digunakan adalah 3 buku teks BSE terbitan tahun 2009. Buku pembanding yang dipakai adalah buku Biologi karangan N. Champbell dkk, Modern Biology karangan J.H Postlethwait, Biology is the Easy Ways karangan G.I Edward dan jurnal ilmiah bahasa asing. Pada buku teks pelajaran A didapatkan persentase kesalahan pada setiap kajian, yaitu: Kerja ilmiah 3,63%, Klasifikasi mahluk hidup 10%, Virus 0%, Archae dan Bakteri 9,09%, Protista 9,09% dan Fungi 7,62%. Pada buku teks pelajaran B presentase kesalahan konsep setiap kajian, yaitu: Kerja ilmiah 0%, tidak terdapat bab klasifikasi mahluk hidup, Virus 0%, Archae dan Bakteri 10%, Protista 10,52% dan Fungi 0%. Pada buku teks pelajaran C presentase kesalahan konsep setiap kajian, yaitu: Kerja ilmiah 3,44%, tidak terdapat bab klasifikasi mahluk hidup, Virus 0%, Archae dan Bakteri 14%, Protista 10,52% dan Fungi 0%. Kesalahan Konsep terbanyak pada buku karangan A adalah pada kajian Archae dan Bakteri serta Protista sebanyak 9,09%, pada buku teks B kesalahan konsep terbanyak pada kajian protista sebanyak 10,52% dan pada buku teks pelajaran C kesalahan paling banyak juga pada kajian protista sebanyak 10,52%.