PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIIID SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH BANYUWANGI

Main Author: BALGIS,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28844/1/jiptummb--balgis0533-28106-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28844/2/jiptummb--balgis0533-28106-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28844/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi biologi kelas VIIID di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi, menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIIID banyak yang tidak tuntas dalam belajar atau hasil belajar rendah dan belum memenuhi standar ketuntasan minimum (SKM), dimana nilai SKM di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi adalah 75. Masalah yang sering dihadapi peserta didik dalam proses belajar mengajar berlangsung adalah pemahaman peserta didik pada mata pelajaran biologi masih relative rendah karena kurang aktifnya peserta didik dalam menerima dan melaksanakan tugas yang diberikan guru seperti tugas kelompok dan individu. Sehingga terlihat jelas bahwa peserta didik yang pasif diam saja dan mau menerima apa adanya serta mendengarkan penjelasan materi yang diberikan dari peserta didik yang aktifsaja. Akibatnya masih banyak yang kurang paham dengan pembelajaran sehingga nilainya belum memenuhi SKM.Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan seluruh peserta didik dalam kegiatan diskusi kelompok. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik kelas VIIID SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi melalui model pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi pada tanggal 17 November 2011–14 Januari 2012. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VIIID Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi yang berjumlah 23 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar pada setiap akhir siklus. Analisis data tes hasil belajar peserta didik dianalisis dengan menggunakan ketuntasan belajar. Ketuntasan pada masing-masing peserta didik disesuaikan dengan SKM di sekolah yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I peserta didik yang tuntas secara individu ada 10 peserta didik dengan ketuntasan klasikal sebesar 45,45% dengan rata-rata nilai 62. Pada siklus II setelah dilakukan perbaikan-perbaikan pembelajaran, peserta didik yang tuntas secara individu mengalami peningkatan menjadi 18 peserta didik dengan ketuntasan klasikal 81,81% dengan rata-rata nilai 82,14. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik kelas VIIID SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi.