IMPLEMENTASI PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN ESP DI LEMBAGA BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
Main Author: | WARNANDA S., KHARISMA NAIDI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/28809/1/jiptummpp-gdl-kharismana-39765-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/28809/2/jiptummpp-gdl-kharismana-39765-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/28809/ |
Daftar Isi:
- Dosen merupakan salah satu komponen yang paling esensial dalam suatu sistem pendidikan di perguruan tinggi karena Dosen berinteraksi langsung dengan Mahasiswa. Peran, tugas, dan tanggung jawab Dosen sangat bermakna dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk; (1) memberikan gambaran yang jelas mengenai program-program yang diselenggarakan oleh Lembaga Bahasa UMM dalam meningkatkan kompetensi pedagogik Dosen ESP, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penyelenggaraan program-program peningkatan kompetensi pedagogik Dosen ESP di Lembaga Bahasa UMM, (3) Memaparkan solusi apa saja yang di tempuh oleh pengelola Lembaga Bahasa UMM dalam menghadapi kendala-kendala dalam meningkatkan kompetensi pedagogik Dosen ESP. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitiannya adalah Lembaga Bahasa di Universitas Muhammadiyah Malang karena Lembaga Bahasa adalah lembaga yang menyelenggarakan dan mengatur program Bahasa Inggris yang dikenal dengan English for Specific Purposes (ESP). Alasan kedua dipilihnya Lembaga Bahasa sebagai lokasi penelitian yakni, karena sebagian besar staf pengajar atau Dosen ESP di Lembaga Bahasa merupakan Dosen muda yang belum memiliki banyak jam terbang. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) program-program peningkatan kompetensi pedagogik Dosen ESP yang diselenggarakan oleh Lembaga Bahasa antara lain workshop proses belajar mengajar, workshop penulisan buku ajar ESP, dan workshop penulisan majalah Reform, (2) faktor pendukung program peningkatan kompetensi pedagogik Dosen ESP yaitu kemauan untuk maju dan berkembang dari Dosen ESP sangat tinggi, Dosen ESP sangat kompak dan mudah bekerja sama, dukungan finansial dari Universitas yang memadai. Sementara itu, faktor penghambatnya yaitu materi workshop yang kurang variatif dan monoton, kurangnya motivasi dari sebagian kecil Dosen ESP, terbatasnya anggaran untuk mengikutsertakan Dosen ESP dalam mengikuti pelatihan atau seminar di luar lingkungan UMM, (3) solusi yang ditempuh untuk menghadapi kendala-kendala dalam meningkatkan kompetensi pedagogik Dosen ESP antara lain memberikan dana transportasi kepada semua peserta workshop, mendatangkan pemateri workshop yang merupakan pakar-pakar yang handal di bidangnya untuk menarik antusiasme Dosen, memberikan subsidi biaya pendaftaran bagi Dosen yang mengikuti acara seminar atau workshop yang diadakan oleh instansi atau Universitas lain di luar UMM