IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK PROFESIONAL DALAM PENERAPAN KBM DI SMAK YOS SUDARSO KEPANJEN

Main Author: Renata HK, Agnes Sutini Sr.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28802/1/jiptummpp-gdl-agnessutin-33608-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28802/2/jiptummpp-gdl-agnessutin-33608-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28802/
Daftar Isi:
  • Harapan pemerintah dengan sertifikasi adalah dalam setiap akhir pembelajaran Guru bersertifikat pendidik profesional harus dapat dijadikan ukuran pencapaian sebuah tujuan. Maka kompetensi pedagogik guru bersertifikat pendidik profesional yang dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) diterapkan 10 standar kompetensi. Diharapkan juga mampu menyusun RPP dengan tertib, lengkap dan benar, menggunakan pendekatan metode pembelajaran PAIKEM, memanfaatkan media pembelajaran dan membuat evaluasi dan penilaian sebagai hasil proses belajar. Namun kenyataan yang terjadi masih ada kesenjangan . Untuk menjawab permasalahan tersebut secara kualitatif, peneliti mengumpulkan data yang diperlukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumen. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tentang: (1) cara guru bersertifikat pendidik profesional menerapkan kompetensi pedagogik dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), (2) kendala yang dihadapi guru bersertifikat pendidik profesional dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas, (3) solusi yang dilakukan guru bersertifikat pendidik profesional sebagai upaya mengatasi kendala. Penelitian kualitatif yang digunakan ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi yang sebenarnya terjadi di SMAK Yos Sudarso Kepanjen. Waka kurikulum, tim pengembang kurikulum dan guru bersertifikat pendidik profesional merupakan subyek penelitian, khususnya tentang penerapan kompetensi pedagogik guru bersertifikat pendidik profesional. 10 standar kompetensi pedagogik guru bersertifikat pendidik profesional berdasarkan permendiknas No. 16 tahun 2007 menjadi indikator untuk membantu mengumpulkan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk diolah. Hasil penelitian penerapan kompetensi pedagogik guru bersertifikat pendidik profesional berdampak potitif terhadap kualitas kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini bagi guru bersertifikat pendidik profesional yang belum menerapkan standar kompetensi menjadi evaluasi diri bagi guru itu sendiri. Selanjutnya guru termotivasi untuk berupaya menerapkan kompetensi pedagogik dalam KBM dengan mengatasi kendala yang dihadapi dengan berupaya dan kretif dalam menghadapi kendala yang ada. Dengan diberlakukan kebijakan pemerintah tentang sertifikasi dapat memenuhi harapan pemerintah terhadap peningkatan kualitas guru, yang berdampak pada kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik serta pencapaian tujuan pendidikan nasional.