PENGARUH TERPAAN FAN GROUP FACEBOOK KEDUTAAN BESAR AMERIKA SERIKAT TERHADAP PERSEPSI FACEBOOKER TENTANG AMERIKA SERIKAT (Studi pada Pengguna Facebook muslim di Indonesia)

Main Author: Friadi, Dwinanda Rendy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28768/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-dwinandare-21575-Pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28768/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-dwinandare-21575-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28768/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk meneliti tentang pengaruh terpaan fan grup facebook Kedutaan Besar Amerika Serikat terhadap persepsi facebooker tentang Amerika Serikat di dunia maya. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh terpaan Fan Grup Facebook terhadap persepsi facebooker muslim tentang Amerika serikat dan besarnya pengaruh terpaan Fan Grup Facebook terhadap persepsi facebooker muslim tentang Amerika serikat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efek moderat atau Moderate Effect Theory. Yang mengasumsikan bahwa dalam proses penerimaan pesan terdapat banyak faktor lain yang ikut memengaruhi selain media itu sendiri Penelitian ini dilakukan pada pengguna facebook yang tergabung dalam keanggotaan fan grup Kedutaan Besar Amerika Serikat di Internet yang hanya beragama Islam. Dipilihnya facebooker yang beragama Islam karena peneliti ingin mengetahui persepsi dari anggota facebook muslim tentang Amerika Serikat, karena Indonesia merupakan negara yang memiliki populasi muslim terbesar di dunia. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode survey yang menggunakan kuantitatif dan tipe pendekatan eksplanatif. Sedangkan teknik analisa datanya menggunakan teknik korelasi product moment. Dari hasil penelitian ini, hasil rata-rata tentang terpaan fan grup yang diperoleh sebesar 2.68 yang lebih besar dari 2.5, berarti frekuensi terpaan fan grup adalah di atas rata-rata. Kemudian rata-rata persepsi dari facebooker dari hasil rata-rata yang diperoleh sebesar 2.32 yang lebih kecil dari 2.5, berarti bahwa persepsi facebooker adalah dibawah rata-rata. Sedangkan hubungan antara terpaan fan grup terhadap persepsi facebooker dapat disimpulkan terdapat korelasi namun tidak signifikan antara terpaan dan persepsi, hal ini didasarkan pada hasil uji koefisien korelasi (r) sebesar 0.257 sedangkan r tabel adalah 0.339. Besarnya pengaruh antara terpaan fan grup Kedubes AS terhadap facebooker muslim diketahui dari hasil uji determinasi (r2) yaitu sebesar 06.60% persepsi masyarakat dapat dipengaruhi oleh terpaan pesan yang diterbitkan fan grup tersebut, sedangkan 93.4% dipengaruhi variabel lain yang tidak dibahas pada penalitian ini. Dari hasil penelitian yang telah didapatkan, diketahui bahwa penelitian ini sesuai dengan teori yang digunakan yaitu Moderate Effect Theory yang digunakan untuk menentukan landasan asumsi