PENGEMBANGAN MODEL ASSESSMENT AFEKTIF BERBASIS SELF ASSESSMENT DAN PEER ASSESSMENT DI SMA NEGERI 1 KEBOMAS
Main Author: | MUSLICH, MUHAMMAD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/28766/1/jiptummpp-gdl-muhammadmu-33860-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/28766/2/jiptummpp-gdl-muhammadmu-33860-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/28766/3/jiptummpp-gdl-muhammadmu-33860-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/28766/ |
Daftar Isi:
- Assesmen pada jenjang pendidikan meliputi tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor, assesment afektif kurang mendapat perhatian karena masyarakat menilai bahwa pendidikan identik dengan nilai kognitif. Dalam melaksanakan penilaian afektif masih banyak pendidik yang tidak sesuai dengan aturan penilaian afektif, sehingga hasil dari penilaian afektif kurang mencerminkan kondisi peserta didik, maka perlu di buat model penilaian afektif yang sesuai dengan petunjuk dan aturan dari kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang merupakan modifikasi model pengembangan Borg dan Gall yang terdiri tiga tahap: Studi Pendahuluan, Perencanaan dan Pengembangan model. Tujuan penelitian menghasilkan model assesmen afektif yang sesuai dengan aturan pada kurikulum. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian yang dilakukan oleh beberapa guru pada penilaian afektif sudah menggunakan format penilaian afektif tetapi tidak ditulis secara jelas indikator yang akan dinilai, disamping itu juga pendidik di dalam melaksanakan penilaian afektif hanya dengan pengamatan terhadap siswa tanpa menggunakan format penilaian pada saat pembelajaran, sehingga hasil dari penilaia afektif belum mencerminkan kondisi peserta didik yang sebenarnya. Penelitian ini menghasilkan format Model Assesment Afektif Berbasis Self Assesment dan Peer Assesment yang sesuai dengan petunjuk penulisan instrument afektif. Model ini merupakan pengembangan dari format penilian afektif dan berupa angket yang diisi oleh siswa pada saat pembelajaran. Model Assesment Afektif Berbasis Self Assesment dan Peer Assesment dibuat sebelas model untuk sebelas mata pelajaran yang dilengkapi dengan software penilaian afektif. Kata kunci: Assesmen Afektif, Self Assesment dan Peer Assesment