IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM SMP ISLAM MAÂ’ARIF 02 KOTA MALANG

Main Author: Winarsih, Tjatur Yuli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28750/1/jiptummpp-gdl-tjaturyuli-33868-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28750/2/jiptummpp-gdl-tjaturyuli-33868-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28750/
Daftar Isi:
  • Pengembangan kurikulum merupakan perencanaan kesempatan belajar untuk membawa peserta didik kearah perubahan yang diinginkan dan dinilai. Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, sekolah harus melakukan perubahan secara terarah, terpadu dan berkelanjutan arti penting implementasi MBS di sekolah memang harus difokuskan kepada peningkatan mutu secara terpadu dan berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan landasan pengembangan kurikulum sebagai implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (2) menjelaskan stategi pengembangan kurikulum sebagai implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (3) menjelaskan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pengembangan kurikulum sebagai implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (4) menjelaskan dampak pengembangan kurikulum sebagai implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Pendekatan yang digunakan adalah bersifat pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di SMP Islam MaÂ’arif 02 Malang. Data yang dikumpulkan melalui kegiatan yang berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mngecekan data yang diperoleh, peneliti menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian adalah landasan pengembangan kurikulum sebagai implementasi Managemen Berbasis Sekolah adalah (a) Landasan Filosofis, (b) Landasan Psikologis, (c) Landasan Sosiologis-Teknologis, Strategis pengembangan kurikulum yaitu (a) Sosialisasi KTSP, (b) Proses penyusunan, (c) Menciptakan suasana yang konduksif, (d) Menyiapkan sumber belajar, (e) Membina disiplin, (f) Kemandirian kepala sekolah, (g) Membangun Karakter guru. Faktor pendukung eksternal yaitu kejelasan kebijakan dan faktor internal yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan tenaga pendidik dan kependidikan. Dampak dari pengembangan kurikulum sebagai implementasi MBS memberikan dampak yang positif bagi kepala sekolah, guru dan peserta didik. Saran-saran yaitu (1) Muatan kurikulum hendaknya dikembangkan secara menyeluruh dan mampu mengembangkan berbagai potensi peserta didik secara maksimal terutama dengan pengembangan akhlak dan moral peserta didik. (2) Partisipasi dan keterlibatan pihak-pihak yang berkentingan memungkinkan lahirnya keputusan yang baik, maka perlu komunikasi yang intensif dan terbuka antara pihak yang terlibat. (3) Kepala sekolah hendaknya melaksanakan pembinaan yang efektif terhadap guru minimal setiap semester. (4) Guru hendaknya melaksanakan perannya dengan maksimal.