ANALISIS KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SD UNGGULAN MUHAMMADIYAH 01 JEMBER
Main Author: | RODLIYAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/28738/1/jiptummpp-gdl-rodliyah20-33605-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/28738/2/jiptummpp-gdl-rodliyah20-33605-1-pedahulu-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/28738/ |
Daftar Isi:
- Untuk meraih sekolah dengan predikat unggulan perlu adanya mekanisme diantaranya melaksanakan Undang – Undang Sisdiknas, yang telah ada dan semua Peraturan Menteri tentang masalah pendidikan termasuk kebijakan kurikulum. Terkait masalah pendidikan memang amatlah kompleks untuk itu sangat dibutuhkan Analisis Kebijakan Kurikulum yang dijadikan sebuah pedoman. Analisis Kebijakan Kurikulum lahir sebagai suatu ilmu terapan yang menggunakan berbagai metoda penelitian dan argumentasi untuk menghasilkan informasi yang relevan untuk menganalisis masalah – masalah yang mungkin timbul. Analisa kebijakan pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SD Muhammadiyah 01 di Jember – Jawa Timur. 2006; Rodliyah; 201110240212030; 2012; 70 halaman; Program studi Magister Kebijakan dan Pengembangan Kurikulum (MKPP) Pasca Sarjana Jurusan Universitas Muhammadiyah Malang. Kebijakan kurikulum sangat berperan terutama sebagai kendali untuk mengembangkan kualitas sekolah. Lembaga pendidikan yang memiliki kemampuan manajemen sekolah yang baik, maka kebijakan kurikulum yang digunakan juga berkembang secara signifikan, seperti yang ada di lembaga pendidikan SD Muhammadiyah 01 Jember. Kebijakan kurikulum yang dikembangkan oleh SD Muhammadiya 01 Jember adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Kebijakan KTSP di SD Muhammadiyah 01 Jember yang dikembangkan meliputi : 1) Program tahunan (Prota) 2) Program semester (Promes), 3) Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 4) Silabus pembelajaran, 5) Program belajar pembelajaran (Lesson Study) 6) Program remidial teaching, 7) Program peer teaching, 8) Program bimbingan dan konseling 9) program on-line SI PINTER. Kebijakan KTSP yang diterapkan pada suatu lembaga pendidikan memiliki efek dan dampak yang dapat mempengeruhi kualitas lembaga pendidikan itu sendiri. Begitu juga dengan penerapan kebijakan KTSP di SD Muhammadiyah 01 Jember yang berlangsung antara tahun 2007 – 2011. Penerapan kebijakan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang berlangsung selama kurang lebih 4 tahun tersebut berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan di SD Muhammadiyah 01 Jember. Dampak Kebijakan KTSP di SD Muhammadiya 01 Jember antara lain : 1) Peningkatan life Skill siswa, 2) Peningkatan daya eksplorasi siswa, 3) Peningkatan daya inovasi guru, 4)Perubahan paradigma dan pola mengajar guru. Dampak kebijakan KTSP yang mempengaruhi kualitas pendidikan di SD Muhammadiyah 01 Jember juga memunculkan beberapa faktor. Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pengembangan kebijakan KTSP di SD Muhammadiyah 01 Jember anatara 2010 – 2011 antara lain adalah sebagai berikut 1) Dukugnan dari wali murid SD Muhammadiyah 01 Jember 2) kompetisi antar sekolah unggulan di Kabupaten Jember 3) Kebijakan pemerintah tentang pengembangan KTSP 4) Kurikulum SD Muhammadiya 01 Jember terhadap konsep otonomi pendidikan.