PELATIHAN MENJADI ORANGTUA EFEKTIF (MOE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ORANGTUA DENGAN ANAK USIA DINI

Main Author: Fanani, Qori
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28729/1/jiptummpp-gdl-qorifanani-33078-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28729/2/jiptummpp-gdl-qorifanani-33078-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28729/
Daftar Isi:
  • Komunikasi adalah syarat awal dalam menentukan keberhasilan dalam mengasuhan anak. Namun tidak semua orangtua mengetahui bagaimana tehnik komunikasi yang tepat dengan anak sehingga orangtua cenderung menggunakan komunikasi negatif dengan anak. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap perkembangan anak (tidak percaya diri, tertutup). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelatihan Menjadi Orangtua Efektif (MOE) dapat meningkatkan keterampilan komunikasi orangtua dengan anak usia dini. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pretest-posttest control design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan tehnik random assignment. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode skala yaitu skala komunikasi orangtua yang terdiri dari 29 item yang sahih (α = 0,869). Tehnik analisa data penelitian menggunakan uji wilcoxon signed test dan mann-whitney U test Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,000 dan uji beda sebesar -3,794 sehingga dapat dikatakan sangat signifikan (0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan hipotesis penelitian diterima, yaitu bahwa pelatihan Menjadi Orangtua Efektif (MOE) dapat meningkatkan komunikasi orang tua dengan anak usia dini. Kata kunci : pelatihan menjadi orangtua efektif, keterampilan komunikasi orangtua dengan anak usia dini.