IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS MADRASAH (MPMBM) (Studi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo)

Main Author: MURTONO, MOCH. ALI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28720/1/jiptummpp-gdl-mochalimur-33905-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28720/2/jiptummpp-gdl-mochalimur-33905-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28720/
Daftar Isi:
  • Manajemen berbasis sekolah memberi kewenangan kepada sekolah untuk mengelola sekolahnya secara mandiri sehingga sekolah tersebut mempunyai wewenang untuk mengambil keputusan-keputusan dalam menyelenggarakan pendidikan. Manajemen berbasis sekolah dikembangkan di Indonesia dan disesuaikan menjadi manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah. Kondisi nyata sekolah sekolah di Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda-beda sesuai dengan sosial budaya di daerah masing-masing. Sehingga peningkatan mutu di setiap sekolah dapat diupayakan dengan memperhatikan potensi sumber daya yang ada di daerah dimana sekolah tersebut berada. Dengan Manajemen Peningkatan Mutu berbasis sekolah diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan dengan karakteristik masing-masing daerah. Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo adalah Sekolah Menengah Umum yang berciri khas islam yang secara geografis terletak dipinggiran kota. Dengan segala Keterbatasan sumber dayanya sekolah ini berupaya mengimplementasikan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan mutu sehingga sejajar dengan sekolah lain di Kota Probolinggo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan diskriptif kualitatif yang bersifat eksploratif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan data diskriptif yang dapat menggambarkan berbagai upaya yang dilakukan madrasah dalam meningkatkan mutu melalui Implementasi manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan adanya upaya meningkatkan mutu melalui implementasi manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah yang berdampak pada peningkatan prestasi siswa baik akademik maupun non akademik. Upaya peningkatan mutu di Madrasah aliyah Negeri 1 kota Probolinggo difokuskan pada kegiatan pengelolaan yang meliputi enam bidang utama yaitu : (1) kurikulum, (2) kesiswaan , (3) sarana prasarana (4) pembiayaan, (5) ketenagaan, dan (6) hubungan masyarakat. Kata Kunci: Implementasi, Manajemen Berbasis Sekolah, Peningkatan Mutu