EFEKTIFITAS DISKON DAN HADIAH SEBAGAI SARANA PROMOSI PENJUALAN UNTUK MENARIK NIAT BELI KONSUMEN TERHADAP BUMBU MAGIC LEZAAT (Studi Kasus di Pasar Besar Malang)

Main Author: FAESOL, AMIR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28695/1/jiptummpp-gdl-amirfaesol-33848-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28695/2/jiptummpp-gdl-amirfaesol-33848-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28695/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian survey yang bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen terhadap diskon dan hadiah, sikap konsumen terhadap diskon dan hadiah memiliki efektifitas dalam mempengaruhi niat beli, niat pembelian berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh sikap keputusan pembelian serta perbedaan efektifitas pengaruh langsung sikap terhadap keputusan pembelian dengan pengaruh langsung sikap terhadap keputusan pembelian melalui niat. Untuk mencapai tujuan penelitian, maka digunakan Partial Least Square sebagai alat analisis. Data yang digunakan adalah data primer tentang sikap atas diskon hadiah, niat beli dan keputusan pembelian. Data tersebut diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner pada konsumen bumbu Magic Lezaat. Sampel yang digunakan sebanyak 152 responden. Dipilih dengan cara teknik sampling purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen lebih memilih sarana promosi hadiah jika dibanding dengan diskon, sikap atas diskon dan hadiah berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian, niat pembelian berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan sikap atas diskon dan hadiah berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Disamping itu diketahui bahwa pengaruh sikap terhadap diskon dan hadiah lebih efektif melalui niat, jika dibandingkan pengaruh langsung sikap atas diskon dan hadiah tanpa melalui niat. Kata kunci: Sikap terhadap diskon dan hadiah, niat beli dan keputusan pembelian