Implementasi Bimbingan dan Konseling melalui pendekatan Islam (Studi pada Mts. Muhammadiyah Tlogomas Malang)

Main Author: MARDIANA,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28615/1/jiptummpp-gdl-mardiana09-32718-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28615/2/jiptummpp-gdl-mardiana09-32718-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28615/
Daftar Isi:
  • Ketidakmampuan siswa mengambil keputusan atau menyikapi problematika pribadi, sosial, akademik menimbulkan perilaku menyimpang bahkan keluar dari koridor agama sehingga dibutuhkan pelayanan BK di sekolah, dalam hal ini MTs. Muhammadiyah 1 Malang merupakan lembaga yang berlatar-belakang Islam, sehingga segala aktivitas pembinaan yang ada tidak lepas dari nuansa keIslamannya, termaksud layanan BK yang ada. Adapun masalah yang akan penulis angkat dalam penelitian ini ialah : (1) Bagaimana implementasi BK melalui pendekatan Islam. (2) Bagaimana kecenderungan kasus-kasus yang terdata di layanan BK. (3) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat bagi konselor dalam mengimplementasikan BK melalui pendekatan Islam. Selanjutnya penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan implementasi BK melalui pendekatan Islam. Lebih jauh penelitian ini hendak menguraikan proses pelaksanaan BK yang dilakukan berdasarkan pendekatan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif dengan subyek penelitian kepala sekolah, konselor BK, koordinator BK, dan siswa-siswi. Pemilihan MTs.Muhammadiyah 1 Malang sebagai lokasi penelitian didasari bahwa sekolah ini memiliki latar belakang pendidikan yang memadukan antara pendidikan keagamaan dan pendidikan umum, sehingga segala proses kegiatan yang ada tentu berlandaskan keagamaan termaksud program BK sebagai jenis layanan bagi siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu analisis berupa data-data yang tertulis atau lisan seseorang atau dari perilaku yang diamati, selain itu untuk mendukung uraian dari keadaan yang terjadi di lapangan penulis menyertakan table, gambar dan dokumen-dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknis bimbingan dan konseling di MTs Muhammadiyah terbagi menjadi dua yakni : (1). Teknik Individu. (2).Teknik Kelompok. Bimbingan dan konseling melalui pendekatan Islam dapat dilihat melalui kaloborasi dan sinergisitas yang dilakukan konselor bersama koordinator BK (yang merangkap sebagai guru keagamaan), sehingga siswa yang telah mendapatkan konseling akan di follow-up basic keagamaanya melalui pembinaan keagamaan oleh koordinator BK.